400 Siswa dan Santri Ikuti Jelajah Kepahlawanan Bersama KRI Dr. Soeharso-990

400 Siswa dan Santri Ikuti Jelajah Kepahlawanan Bersama KRI Dr. Soeharso-990

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kapal perang jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim, KRI dr. Soeharso - 990 yang dikomandani Letkol Laut (P) Alfred Daniels Mathews, mulai tanggal 30 Oktober s.d. 1 November 2017 melaksanakan pelayaran jelajah kepahlawanan.

Jelajah Kepahlawanan ini dilepas langsung oleh Sekjen Kemensos RI, Bapak Harry Soeratin didampingi Kasarmatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI Roberth W. Tappangan, S.H., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P.

Ada sebanyak 400 siswa dan santri se-Jatim yang mengikuti kegiatan ini. Mereka berangkat dari Dermaga Madura Koarmatim, Ujung, Surabaya, Senin (30/10/2017) kemarin.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2017, TNI AL / Koarmatim bekerjasama dengan Kemensos RI, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim, dan Kabupaten menyelenggarakan Pelayaran Jelajah Kepahlawanan Tahun 2017 dan Bakti Sosial di wilayah Lanal Batuporon, yang diikuti oleh pemuda dan pelajar, Santri, Karang Taruna serta Tagana se-wilayah Jatim binaan Koarmatim. Kegiatan ini bertujuan sebagai salah satu wujud kepedulian Koarmatim dalam menanamkan nilai-nilai kemaritiman dan menumbuhkembangkan semangat kepahlawanan serta kepedulian para pemuda pemudi Indonesia.

Penyelenggaraan kegiatan jelajah kapal kepahlawanan merupakan bagian dari Pembinaan Teritorial (Binter) Matra laut yang dilaksanakan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat melalui kegiatan yang bercorak lintas sektoral dan melibatkan seluruh komponen bangsa dengan mengedepankan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan kesiapan satuan. Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan Bakti Sosial, Komunikasi Sosial maupun Ketahanan Wilayah sehingga ke depan akan tersedia Komponen cadangan dan komponen pendukung sebagai kekuatan pengganda TNI AL.

Selama berlayar dengan KRI yang terkenal dengan nama kapal rumah sakit TNI AL ini, para pelajar diperkenalkan profil KRI dr. Soeharso-990 secara lebih dekat melalui Ship Tour. Selain itu untuk menumbuhkan jiwa kemaritiman, akan ditayangkan melalui nonton bareng pemutaran film-film tentang keangkatan lautan.

Selain itu kegiatan menarik lainnya adalah melaksanakan pembekalan nilai-nilai kepahlawanan dan kemaritiman kepada peserta melalui kegiatan Ceramah, Diskusi/Tanya Jawab, Dinamika Kelompok dan Game/Simulasi.

Setelah kapal sandar keesokan harinya, Diskes Koarmatim dan Diskes Lantamal V Surabaya melaksanakan bakti sosial dengan melaksanakan Pembagian Sembako, Pembagian Sandang layak pakai, Pemberian alat kesehatan maupun peayanan kesehatan kepada masyarakat setempat di Lapangan Jala Gatra Madura wilayah Lanal Batuporon secara gratis. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO