Peringati Sumpah Pemuda, Kampus di Tuban Kompak Deklarasikan Gerakan Lawan Radikalisme

Peringati Sumpah Pemuda, Kampus di Tuban Kompak Deklarasikan Gerakan Lawan Radikalisme

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Forum Pimpinan Perguruan Tinggi (PT) di Kabupaten Tuban kompak mendeklarasikan gerakan melawan paham radikalisme, Sabtu (28/10). Deklarasi yang dibarengi dengan kuliah akbar ini dilakukan di gedung pertemuan KSPKP, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo.

Ketua Pelaksana Forum Pimpinan PT, Supiana Dian Nurdjahyani mengatakan deklarasi ini dilakukan sebagai langkah untuk menangkal paham radikal di lingkungan kampus.

“Ini awal yang baik untuk menjalin silaturahmi antar pimpinan perguruan tinggi yang ada di Tuban,” ujar Rektor Universitas Ronggolawe (Unirow) tersebut.

Sementara Bupati Fathul Huda yang turut hadir dalam acara itu mengingatkan kepada semua masyarakat agar tetap waspada dengan aksi radikalisme. Ia mengklaim saat ini Tuban aman dari gerakan tersebut. Namun ia menyebut jika embrio radikalisme bisa masuk sewaktu-waktu.

“Jadi kita kerjasama dengan pemuda, bila masih ada akan ditindak tegas,” ujar Bupati.

Menurutnya, virus radikalisme ini dapat masuk di tataran mahasiswa. Untuk itu, ia mengapresiasi langkah para pimpinan perguruan tinggi yang sigap menyikapi paham radikal tersebut dengan deklarasi ini.

“Jika ditemukan embrio radikalisme di kampus secepat mungkin disikapi, dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa NKRI ini harga mati,” pungkasnya.

Data yang berhasil dihimpun BANGSAONLINE.com, acara tersebut diikuti ratusan mahasiswa dari tujuh Universitas yang ada di Kabupaten Tuban. Yakni, Unirow, Stitma, Stikes NU, STIE Muhammadiyah, STAI Al-Hikmah Tuban, Universitas Sunan Bonang, dan Poltana Mapena.

Turut hadir dalam acara itu Ketua DPRD M. Miyadi, dan Kapolres AKBP Sutrisno HR. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO