Dispora Jatim Gelar Pesona Budaya dan Pariwisata Bawean 2017

Dispora Jatim Gelar Pesona Budaya dan Pariwisata Bawean 2017 Wabup Moh. Qosim ketika mengenakan pakaian adat Bawean.

GRESIK, BANGSONLINE.com - Dispora Jawa Timur mengadakan pagelaran pesona dan pariwisata pulau tahun 2017, Kamis (26/10/2017) kemarin. Perhelatan ini merupakan kali pertama diselenggarakan di Kepulauan .

Kegiatan itu dibuka oleh Wakil Bupati Moh. Qosim di Alun-alun Sangkapura. Nampak antusias masyarakat yang sangat besar terlihat pada saat pembukaan acara tersebut.

Dalam sambutannya, wabup mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan tersebut. Dia menyatakan, kegiatan pagelaran pesona dan pariwisata tidak akan berjalan sukses dan meriah tanpa adanya dukungan dan partisipasi semua pihak.

“Kami ucapkan terima kasih karena dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan Gelar Pesona Budaya dan Parisiwata tahun 2017. Terlebih atas dukungan semua pihak dan partisipasi masyarakat yang hadir dan turut mensukseskan pagelaran yang akan berlangsung dua hari ini,” ujarnya.

Menurut Wabup, Kabupaten Gresik, khususnya di , mempunyai kesenian, budaya, dan tradisi yang unik. Salah satu contoh adalah tarian Zavin Mandailing yang ditampilkan pada perhelatan pesona dan pariwisata. Tarian tradisional ini bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah pada era penyebaran agama Islam.

Wabup berharap agar kepada masyarakat agar tetap menjaga kesenian, budaya, dan tradisi yang dimiliki agar tidak tergerus zaman.

Sementara dalam pembukaan Gelar Pesona Budaya dan Wisata 2017 juga ditampilkan atraksi kesenian lokal lainnya seperti pencak silat dan seni dekker yang berasal dari kata Dzikir dengan diiringi rebana berukuran besar.

Sementara Kepala UPT Taman Budaya Jatim Sukatno mengatakan bahwa kegiatan Gelar Pesona Budaya dan Pariwisata bertujuan untuk mendorong peningatan kesenian di kepulauan supaya lebih dikenal di masyarakat Jawa Timur, bahkan Internasional.

kaya dengan kesenian dan budaya, terlebih ditunjang dengan destinasi wisata yang sangat eksotis. Sehingga kami yakin, nantinya akan mampu dikenal oleh masyarakat lokal bahkan mancanegara,” katanya.

Dia mendorong kepada pemerintah Kabupaten Gresik untuk selalu meningkatkan kapasitas guna menunjang keberadaan kesenian dan sektor pariwisata di agar dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO