Pertamina EP Asset 4 Cepu Field Proses Lanjut Gas H2S Menjadi Ramah Lingkungan

Pertamina EP Asset 4 Cepu Field Proses Lanjut Gas H2S Menjadi Ramah Lingkungan

BLORA, BANGSAONLINE.com - PT berkomitmen untuk memperhatikan lingkungan dan masyarakat di sekitar area operasi. Terutama terhadap lingkungan dan masyarakat yang berada di ring 1 Perusahaan.

"Terkait dengan keluhan warga di sekitar pusat pengumpul produksi menggung, kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya. Dan sesuai hasil kesepakatan saat diskusi bersama yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, kami telah melakukan identifikasi permasalahan dan perbaikan. Mohon dukungan atas upaya perbaikan yang sedang kami lakukan," kata Heru Irianto selaku Cepu Field Manager.

"Kami melakukan upaya perbaikan terhadap fasilitas operasi kami agar masyarakat dan lingkungan di sekitar wilayah operasi kami mendapatkan manfaat atas keberadaan kami," ujar Heru.

Lebih lanjut, Heru menjelaskan bahwa salah satu yang dilakukan di Cepu Field adalah dengan memasang alat yang diperuntukkan mengolah gas ikutan dan limbah di lokasi Pusat Pengumpul Produksi Menggung untuk menjadi produk baru yang lebih ramah lingkungan dan bisa dimanfaatkan untuk industri.

"Hari Rabu (17/10) yang lalu sudah dilakukan pengambilan sampel gas dan limbah dari Pusat Pengumpul Produksi Menggung. Kemudian akan dilakukan tes di laboratorium yang tujuannya untuk mengetahui zat yang terkandung di dalamnya. Sehingga pemrosesan lanjutan dilakukan sesuai karakter zat tersebut," jelas Heru.

Metode ini, tambah Heru, telah diuji coba sebelumnya di PT Asset 1 dan berhasil bahkan air limbah berupa air asin dapat dimurnikan dan bisa dimanfaatkan dengan kandungan TDS di bawah 5%.

Sementara itu, sebagai wujud pemberdayaan masyarakat, PT Asset 4 Cepu Field, melakukan pembinaan berupa pembuatan Batik Krajan terhadap ibu-ibu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Hasil batik itu kini telah dikenal luas dan ibu-ibu mulai berjalan mandiri serta dapat memberikan tambahan penghasilan dari aktivitasnya tersebut.

Program pemberdayaan masyarakat ini juga dilakukan di setiap wilayah operasi Asset 4 Cepu Field hingga wilayah Bojonegoro & Tuban, seperti program peternakan terpadu & bank sampah yang telah menunjukkan kemajuan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Semoga makin banyak program-program yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat seperti halnya yang telah berjalan," pungkas Heru. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO