Selasa, 21 Agustus 2018 17:18

Ratusan PKL Eks Alun-alun Gresik Kembali Bergolak, Ini Tuntutannya

Kamis, 12 Oktober 2017 11:00 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Ratusan PKL Eks Alun-alun Gresik Kembali Bergolak, Ini Tuntutannya
Massa PKL eks Alun-Alun saat demo di kantor DPRD Gresik. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Ratusan pedagang kaki lima (PKL) eks Alun-alun Gresik yang mengatasnamakan diri PPAG (Persatuan PKL Alun-alun Gresik) kembali menggelar unjuk rasa kesekian kalinya di kantor DPRD Gresik, Kamis (12/10/2017).

Sama dengan tuntutan demo sebelumnya, mereka menolak berjualan di Jalan Noto Prayitno, Kecamatan Kebomas. "Jalan Noto Prayitno sangat tidak layak untuk berjualan. Sebab, di sana bukan tempat aktivitas ekonomi," teriak pendemo.

Ketua Paguyuban PKL Alun-alun, M Yasin, mengatakan revitalisasi Alun-alun sebagai bentuk penggusuran PKL yang tak manusiawi. Ia menilai Pemkab hanya merelokasi PKL Alun-alun secara serampangan tanpa kajian dari aspek pendapatan pedagang dan tingkat keramaian pengunjung.

"Biarkan kami kembali berjualan di Alun-alun. Kalau tidak, bisa kelaparan semua para PKL karena berjualan di Noto Prayitno tidak laku," cetusnya.

Dalam demo ini, massa juga menuntut pembebasan tiga tersangka pejuang PKL. Selain dua tuntutan itu, PPAG juga mempertanyakan status lahan di Noto Prayitno yang tidak jelas. Diketahui hingga sekarang tidak ada bukti perjanjian relokasi PKL antara Pemkab Gresik dan BUMN PT Semen Indonesia selaku pemilik lahan.

Massa juga menagih janji Pemkab yang akan menyediakan fasilitas umum seperti musala, toilet, air dan lampu penerangan jalan.

Sayang, tidak satu pun anggota DPRD Gresik yang menemui para pendemo meski mereka sudah berorasi berjam-jam. Berdasarkan kabar yang dihimpun, saat ini para wakil rakyat sebagian ada yang sedang tugas luar kota. Pendemo pun akhirnya membubarkan diri. (hud/ros)

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...