Senin, 17 Februari 2020 14:16

Antisipasi Penyakit, Dinas Pertanian Blitar Sidak Hewan Kurban di Pasar Dimoro

Kamis, 24 Agustus 2017 16:13 WIB
Wartawan: Akina Nur Al Ana
Antisipasi Penyakit, Dinas Pertanian Blitar Sidak Hewan Kurban di Pasar Dimoro
Petugas Dinas Pertanian memeriksa sejumlah hewan ternak di pasar Dimoro Kota Blitar. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Untuk mengantisipasi penyakit pada hewan kurnan, dinas pertanian Kota Blitar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah titik penyedia hewan kurban. Salah satunya di pasar hewan Dimoro, Kamis (24/8).

Sidak dimulai sekitar pukul 09.00 wib. Petugas langsung mengecek kondisi mata, mulut, dan suhu tubuh hewan kurban berupa sapi yang dijual di pasar hewan Dimoro. Namun dari seluruh tim yang diturunkan, tidak menemukan hewan sapi yang dicurigai mengidap penyakit berbahaya, terutama penyakit yang bisa menular ke manusia seperti antraks. Hanya ditemukan sapi yang mengalami luka di sekitar mata yang biasanya menandakan adanya cacing. Namun petugas langsung memberikan obat kepada sapi yang terkena penyakit mata tersebut.

Setelah melakukan pemeriksaan sapi, petugas langsung melakukan pemeriksaan kambing. Sama dengan saat pemeriksaan sapi, petugas tidak menemukan indikasi penyakit berbahaya pada kambing yang diperjualbelikan di pasar Dimoro. Hanya ada satu kambing yang suhu tubuhnya tinggi, mencapai 41 derajat celcius.

"Pemeriksaan ini rutin dilakukan, namun menjelang hari raya Idul Adha memang lebih diintensifkan. Alhamdulillah tidak ada hewan yang kondisinya sedang terkena sakit tertentu," ungkap Kabid peternakan, Dinas Pertanian Kota Blitar Muhamad Chisni Purnama, Kamis (24/8).

Meskipun belum ditemukan adanya hewan kurban yang berpenyakit, namun menurut Chisni tim yang telah dibentuk dari dinas pertanian Kota Blitar masih akan terus bekerja untuk meneliti lebih jauh terhadap seluruh penyedia hewan kurban di Kota Blitar. "Utamanya hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah Blitar," imbuhnya.

Tidak hanya melakukan sidak kepada para penjual hewan kurban saja, namun tim dari dinas peternakan akan melakukan sidak saat proses penyembelihan.

Sementara Edi (45) salah satu pedagang hewan kurban di pasar Dimoro mengatakan, menyambut baik upaya yang dilakukan dinas pertanian Kota Blitar dengan melakukan sidak dan pemeriksaan hewan di pasar Dimoro. Ia juga menyarankan agar calon pembeli memeriksa dulu hewan ternak yang akan digunakan untuk berkurban sebelum meninggalkan lokasi pasar.

"Hewan kan juga makhluk hidup sama seperti manusia kadang sehat kadang sakit, nah dengan diperiksa begini sangat menguntungkan penjual karena nantinya calon pembeli benar-benar percaya kalau hewan yang kita jual kualitasnya bagus," paparnya. (blt1/tri/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Kamis, 13 Februari 2020 12:49 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanTebar pesona! Itulah yang kini gencar dilakukan para calon wali kota Surabaya. Senyum mereka bertebaran di mana-mana. Di media sosial. Di baliho. Di media massa. Bahkan di selempitan koran.Bukan hanya senyum. Juga janji-janji. S...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...