Senin, 10 Agustus 2020 06:03

Periksa Hewan Kurban, Petugas Temukan Sapi dan Kambing Terkena Penyakit Mata

Selasa, 06 Agustus 2019 13:14 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Periksa Hewan Kurban, Petugas Temukan Sapi dan Kambing Terkena Penyakit Mata
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar memberikan edukasi kepada pedagang usai melakukan pemeriksaan hewan qurban di Pasar Hewan Sudimoro.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar melakukan pemeriksaan hewan kurban di Pasar Hewan Dimoro, Selasa (6/8/2019). Hasilnya, petugas dari bidang peternakan menemukan sapi dan kambing terkena penyakit pink eye atau penyakit mata.

Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar Dewi Masitoh mengatakan, petugas langsung memberikan obat antiseptik kepada hewan yang ditemukan menderita pink eye.

Menurut dia, penyakit ini sebenarnya tidak membahayakan manusia. Namun dapat menular ke sesama hewan.

"Kami menemukan beberapa hewan kena penyakit mata. Sebenarnya penyakit ini tidak membahayakan bagi manusia. Tapi bisa menular ke sesama hewan. Untuk itu kami langsung memberikan obat antiseptik kepada hewan yang menderita penyakit mata," ungkap Dewi Masitoh.

Dalam kegiatan itu, petugas memeriksa beberapa sapi dan kambing di Pasar Hewan Dimoro. Selain mengecek mata petugas juga mengecek suhu badan dan gigi. Petugas juga memberi tanda pada hewan yang selesai diperiksa.

"Suhu tubuh normal untuk kambing dan sapi 39 derajat celcius. Tadi juga mendapati kambing yang tidak mau makan. Langsung kami beri vitamin," imbuhnya.

Pemeriksaan ini lanjut Dewi, untuk mencegah penularan penyakit berbahaya pada hewan yang dapat menular ke manusia menjelang Hari Raya Idul Adha. Sejumlah penyakit berbahaya pada hewan, yaitu, anthrax, brucellosis, dan tuberkolosis. "Untuk penyakit yang bisa menular ke manusia tidak kami temukan," tegasnya.

Selain di pasar hewan, petugas juga akan memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual di pinggir jalan dan di rumah pedagang. Dinas membentuk 15 tim untuk memeriksa hewan kurban yang dijual di pinggir jalan dan di rumah pedagang. "Sampai hari H kami akan terus berkeliling untuk memeriksa hewan kurban dan memastikan hewan yang dikurbankan benar-benar hewan yang berkualitas, sehat dan cukup umur," paparnya.

Selama pemeriksaan, sejumlah pedagang hewan justru banyak yang meminta petugas untuk mengecek hewan ternaknya. Suroso salah satunya, ia mengaku senang dengan adanya pemeriksaan hewan kurban dari dinas.

Suroso mengaku, kambing dagangannya tidak mau makan beberapa hari ini. Suroso langsung melaporkan kondisi kambingnya ke petugas. "Tadi langsung dikasih vitamin karena beberapa hari memang tak mau makan," ungkap Suroso. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...