Bupati Blitar Pastikan Layanan Kesehatan Tetap Buka 24 Jam Selama Arus Mudik 2017

Bupati Blitar Pastikan Layanan Kesehatan Tetap Buka 24 Jam Selama Arus Mudik 2017

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Selama musim arus mudik lebaran 2017, sebanyak 24 Puskesmas di Kabupaten Blitar disiagakan untuk tetap membuka pelayanan selama 24 jam. Hal itu ditegaskan bupati Blitar Rijanto. Menurutnya, selama arus mudik dan balik 2017, Pemkab Blitar tetap memaksimalkan layanan publik.

Kata dia, semua infrastruktur rumah sakit umum dan Puskesmas sudah disiapkan untuk tetap memaksimalkan pelayanan guna mendukung dan melancarkan pelayanan selama arus mudik dan balik lebaran 2017.

"Harus tetap buka, bahkan pelayanan juga harus tetap maksimal, karena kan kalau sudaj berhubungan dengan kesehatan itu tidak bisa ditunda," papar Rijanto kepada wartawan, Kamis (22/06).

Senada dengan bupati, Kabid Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Christine Indrawati mengatakan, berdasarkan data, Puskesmas yang dilalui jalur mudik dari arah Timur atau dari Kabupaten Malang memasuki Blitar adalah Kesamben, Wlingi, Talun dan Garum.

Sedangkan yang dari jalur Barat atau Kediri, pelayanan kesehatan siap di Puskesmas Udanawu, Ponggok, Srengat, Wonodadi dan Sanankulon. Semua Puskesmas tersebut bisa dan siap menerima rawat inap. "Jadi memang untuk Puskesmas nanti tetap siaga 24 jam," tutur Christine.

Sementara sebelumnya, Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya mengatakan agar para pemudik yang melintasi wilayah Blitar untuk tetap menjaga kesehatan. Serta memperhatikan keselamatan.

Ia juga mengimbau agar jika pemudik mengalami gangguan kesehatan selama di perjalanan, untuk segera beristirahat dan memanfaatkan layanan kesehatan yang disediakan Polres Blitar maupun Pemkab Blitar.

"Jika capek segera istirahat di rest area yang disediakan, namun jika kondisi kesehatan menurun dan membutuhkan penanganan medis agar segera berhenti di layanan kesehatan terdekat," terangnya. (blt1/tri/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO