H-7 Lebaran, Kemacetan di Perempatan Duduksampeyan Kian Parah

H-7 Lebaran, Kemacetan di Perempatan Duduksampeyan Kian Parah Kendaraan besar mengular di ruas jalan Duduksampeyan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Masyarakat yang ingin mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1438 H tahun 2017 melalui jalur Pantura Gresik harus siap-siap terjebak kemacetan. Terlebih, saat melintas di perempatan Jalan Duduksampeyan.

Sebab, saat ini kemacetan sudah mulai nampak, dan kian parah, baik dari arah Lamongan (arah barat) maupun Gresik (arah timur). Ribuan kendaraan roda 4, truk, roda 2 mengular hingga berkilo-kilo meter.

Kemacetan itu dipicu penyempitan jalan, sehingga kendaraan menjadi saling serobot. "Tidak sekali ini terjadi. Tapi sudah terjadi setiap tahun jelang arus mudik, saya sudah biasa," kata M. Khoiron, salah satu sopir truk ekspedisi yang terjebak kemacetan kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (18/6).

Ia mengaku pasrah terhadap kemacetan tersebut karena, jalan itu merupakan satu-satunya jalan yang selalu dilewatinya untuk mengantarkan barang. "Kemacetan jalan di perempatan Duduk itu dipicu ulah masyarakat setempat yang saling serobot saat keluar dari kampung mereka," ungkapnya.

"Kemacetan akan kian parah jika jalan yang macet tidak ada polisi Lalu Lintas yang jaga. Kalau sudah diatur polisi cepek bisa dipastikan akan makin macet," imbuhnya.

Pemkab dan DPRD Gresik sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kemacetan di perempatan Duduk. Salah satunya, dengan melebarkan jalan sisi kanan kiri jalan. "Pelebaran jalan setidaknya sudah mulai bisa mengurangi kemacetan di perempatan Duduk," kata Wakil Ketua DPRD Gresik Hj. Nur Saidah kepada BANGSAONLINE.com.

Menurutnya, untuk mengatasi kemacetan tersebut, satu-satunya solusi adalah dengan membangun flyover. "Pemkab dan DPRD sudah setuju, kami juga sudah mengajukan ke pemerintah pusat," terang politisi senior Gerindra asal Kecamatan Duduksampeyan ini.

"Untuk itu, kami berharap usulan tersebut segera direspon oleh Kementerian PU. Kalau sudah terbangun flyover, perempatan Duduksampeyan dipastikan tidak akan macet lagi," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO