Cegah Kriminalitas Saat Mudik Lebaran, Polres Gresik Intens Patroli di Perumahan-Perumahan

Cegah Kriminalitas Saat Mudik Lebaran, Polres Gresik Intens Patroli di Perumahan-Perumahan Petugas Polres Gresik saat patroli di kawasan perumahan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Selama libur /Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Polres beserta jajaran intens patroli di kawasan perumahan. Sebab, banyak warga yang mudik ke kampung halaman. Sehingga, rumah ditinggal dalam keadaan tak berpenghuni.

Melalui Unit Samapta, Polres mengantisipasi (curat, curas, dan curanmor) dengan melakukan pengawasan pada perumahan-perumahan. Langkah itu dilakukan untuk mencegah aksi kriminilalitas seperti pencurian, perampokan, dan kejahatan lain.

Kapolres mengatakan bahwa unit samapta mempunyai tugas meniadakan kesempatan atau peluang bagi masyarakat yang berniat melakukan pelanggaran hukum.

"Unit patroli yang kami terjunkan bertugas melakukan patroli menjaga harkamtibmas di wilayah hukum Polres ," ucap Nur Azis, Jumat (6/5/2022).

Kanit Patroli Samapta Polres Ipda Mustofa menambahkan, patroli dilakukan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat menyusuri tempat-tempat rawan kejahatan. "Seperti kawasan perumahan yang ditinggal mudik penghuninya," katanya.

Sementara Kasat Sabhara AKP Herry mengatakan sejumlah perumahan yang dilakukan penyisiran antara lain, Perumahan Buder Asri, Alam Bukit Raya (ABR), Kota Baru (GKB), Bumi Pertiwi (BP) Wetan, dan sejumlah perumahan lain.

"Kami mobile, dengan sasaran dan waktu yang dinamis, sesuai dengan karakteristik kerawanan kriminalitas di wilayah yang rawan kriminalitas," ujarnya.

Hal itu merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi adanya kejahatan pencurian menjelang dan sesudah perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

"Jika masyarakat membutuhkan bantuan bisa menghubungi call center 110, atau polsek terdekat," imbaunya.

Polres sendiri dalam menjaga kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran menyiapkan enam pos pengamanan (pospam) dan satu pos pelayanan (posyan) lebaran dengan menerjunkan 262 personel. (hud/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO