Bendera Merah Putih Compang-Camping Tetap Terpasang di Markas Leguin Veteran Pacitan

Bendera Merah Putih Compang-Camping Tetap Terpasang di Markas Leguin Veteran Pacitan Kondisi bendera yang kucel.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Keberadaan Markas Cabang Leguin Veteran Republik Indonesia yang berlokasi di Jl. Ronggo Warsito, , ‎sangat memprihatinkan. Bendera Merah Putih yang terpasang pada tiang bendera, kondisinya sudah sangat kumuh dan compang-camping. Namun demikian, tak satu pun mereka yang peduli untuk menurunkan dan menggantinya.

Sartono, salah seorang tokoh masyarakat sangat menyayangkan pemandangan tak semestinya itu. Sebagai anak veteran, ia sangat trenyuh dan merasa tersinggung menyaksikan keberadaan Bendera Merah Putih yang sudah sobek compang-camping namun tetap dikibarkan.

"Hal semacam ini seharusnya tidak boleh terjadi. Simbol Negara yang mestinya dihormati, namun diperlakukan seperti itu," kritiknya, Selasa (23/5/2017).

Menurut Sartono, di era reformasi seperti sekarang ini, keberadaan veteran seakan hanya dipandang sebelah mata. Padahal berkat jasa mereka, kemerdekaan NKRI bisa direbut kembali dari tangan penjajah. Namun demikian, setelah hampir 72 tahun merdeka, keberadaan para veteran seakan lenyap. Berbeda ketika era orde baru (orba) lalu. Veteran tetap eksis dan menjadi panutan bagi generasi bangsa.

"Di rezim orba dulu, veteran menjadi representasi dwi fungsi ABRI. Namun sekarang mereka seakan hilang ditelan bumi," tandasnya. (yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO