Sidang Paripurna Istimewa Pemberhentian Bupati Sampang Besok, Internal DPRD Belum Satu Suara

Sidang Paripurna Istimewa Pemberhentian Bupati Sampang Besok, Internal DPRD Belum Satu Suara Almarhum Bupati Sampang KH A Fannan Hasib semasa hidup.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Rencananya, besok (15/5) DPRD Kabupaten Sampang akan menggelar sidang paripurna istimewa dengan agenda pemberhentian Bupati Sampang KH A Fannan Hasib karena meninggal dunia.

Selanjutnya, setelah memberhentikan Bupati Sampang, DPRD akan mengangkat dan mengusulkan Wakil Bupati Sampang H Fadhilah Budiono sebagai pengganti Bupati kepada Gubernur Jatim kemudian akan diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pada acara pengajian Haul Akbar di Ponpes Darul Gersempal Kecamatan Omben, Sampang beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo tidak bisa mengusulkan siapa pengganti Bupati Sampang sebelum ada keputusan ataupun usulan dari DPRD Kabupaten Sampang.

“Saya minta DPRD Sampang segera menggelar rapat paripurna istimewa pemberhentian alm KH A Fannan Hasib sebagai bupati,” jelas Gubernur Jatim saat menghadiri Haul Akbar di Desa Gersempal.

Tentang siapa yang akan ditunjuk oleh Mendagri, lanjut Pakde Karwo, apakah Fadhilah yang pernah menjabat bupati dua periode boleh menjadi Pj ataukah masih Plt seperti sekarang.

"Secara aturan di UU kalau bupati meninggal atau berhalangan tetap, maka wakilnya (yang menggantikannya),” ungkapnya.

Agenda sidang paripurna istimewa pemberhentian Bupati Sampang KH. Fanan Hasib dan pengusulan Wabup sebagai penggantinya, ternyata di internal DPRD belum berjalan mulus. Syamsuddin SH dari Partai Hanura masih mempertanyakan legal formal pemberhentian dan pengangkatan Bupati baru tersebut. Pasalnya, berdasarkan UU, harusnya bila pasangan Bupati berhalangan atau meninggal dunia, maka penggantinya diusulkan oleh partai pengusung.

"Kita lihat saja besok, apakah Paripurna itu akan berjalan mulus. Sebab, siapa pengganti Bupati Sampang itu masih multi tafsir," pungkasnya. (hri/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO