120 Warga Binaan Lapas Tuban Ikuti Khataman Al Qur'an Secera Serentak

120 Warga Binaan Lapas Tuban Ikuti Khataman Al Qur Para Napi Lapas Kelas IIB Tuban saat khataman Al-Qur'an di masjid lapas setempat. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BAGSAONLINE.com - Sebanyak 120 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban mengikuti tahtimul Qur'an Nusantara secara serentak dalam rangka memperingati HUT Lapas ke-53 di masjid Lapas setempat, Kamis (20/4). Selain memperingati HUT, acara tersebut juga bertujuan memecahkan rekor MURI nusantara dengan melakukan khataman Qur'an oleh warga binaan lapas di masing-masing daerah.

Plh Kalapas Kelas IIB Tuban, Suntoro mengungkapkan, ada 120 warga binaan yang mengikuti khataman kali ini. Mereka terbagi menjadi 4 kelompok, yang mana setiap kelompok terdiri dari 30 orang. Dalam hitungan 1 hingga 2 jam, setiap kelompok harus mampu khatam. Karena ada 4 kelompok, maka 1 hingga 2 jam WBP berhasil khatam Al-Quran 4 kali.

"Kami tidak hanya membaca 1 hingga 2 jam saja, tapi akan membaca terus hingga menjelang sholat dhuhur, dan dilanjutkan sampai sholat ashar," terangnya.

Suntoro berharap dengan adanya khataman Al Qur'an ini, warga lapas yang beragama islam bisa mendapatkan keberkahan, kesehatan serta kesadaran dalam menjalani hidup.

"Memang dulu banyak yang kena kasus hingga akhirnya masuk di lapas. Tetapi, harapan kami adanya Khataman Al Qur'an mereka bisa sadar dan menjadi orang baik," jelasnya.

Adapun warga lapas yang mengikuti kegiatan khataman Qur'an rata-rata adalah narapidana kasus penggunaan obat-obatan terlarang. Selain itu, ada yang dari kasus korupsi dan tindakan umum. 

"Kami yakin yang mengikuti kegiatan ini adalah orang baik, dan mereka juga sadar akan perbuatannya dulu yang negatif," pungkasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO