UNAIR Dipercaya PWI Jatim untuk Fasilitasi Uji Kompetensi Wartawan

UNAIR Dipercaya PWI Jatim untuk Fasilitasi Uji Kompetensi Wartawan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Universitas Airlangga dipercaya oleh Persatuan Wartawan Indonesia () wilayah Jawa Timur untuk memfasilitasi uji kompetensi wartawan. Uji kompetensi itu sebagai langkah meningkatkan kualitas wartawan sebagai pemberi kabar.

Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh. Nasih, SE., MT., Ak., CMA., menyatakan pihaknya siap membantu untuk hal tersebut. Ditemui awak media di ruang kerjanya, Nasih menjelaskan bahwa saat ini UNAIR tengah memproses penyusunan kurikulum dan materi uji.

“Jurnalistik ini adalah tugas mulia, sebagai penyampai pesan dan kabar sebagaimana Nabi. Untuk itu UNAIR siap membantu,” ujar Nasih.

Sebelumnya, di sela peringatan acara puncak perayaan Hari Pers Nasional di Gedung Negara Grahadi beberapa pekan lalu, Ahmad Munir selaku Ketua Umum Jatim menuturkan, peran media hari ini sangat sentral. Oleh karena itu, kualitas berita yang dihasilkan harus bisa dipercaya oleh publik.

“Media kalau tidak berkualitas, bisa tidak dipercaya oleh publik. Untuk itu kami menggandeng perguruan tinggi untuk bantu proses uji profesionalitas wartawan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pusat Informasi dan Humas UNAIR Drs. Suko Widodo, M.Si., menjelaskan bahwa timnya tengah menyiapkan dan menyusun kurikulum dan materi uji.

Ia juga menambahkan bahwa semua jurnalis yang bergerak di media cetak, radio, televisi, dan online akan diikutsertakan untuk melakukan uji kompetensi.

“Kita kan punya program studi Ilmu Hukum, Komunikasi, dan Sastra. Jadi. sangat tepat menggandeng kami (UNAIR),” terangnya. “Uji kompetensi ini sebagai cara kita membantu peningkatan kualitas jurnalisme bagi para pekerja media,” tambah Suko. (yul/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO