Senin, 18 Maret 2019 23:54

SPAN dan UM-PTKIN UINSA Mulai Disosialisasikan, Jangan Pikirkan Biaya

Jumat, 31 Maret 2017 10:52 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Suwandi
SPAN dan UM-PTKIN UINSA Mulai Disosialisasikan, Jangan Pikirkan Biaya
Drs. Ahmad Badrus Sholeh, Plt Kakan Kemenag Kabupaten Tuban saat memberikan sambutan sosialiasi SPAN dan UM-PTKIN UIN SA di Aula Kemenag Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang dilakukan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mulai disosialisasikan di Kantor Kemenag Tuban, Kamis (30/3).

Dalam sosialisasi tersebut, pihak UINSA bekerja sama dengan Kemenag dan Ikatan Alumni UINSA Koordinator Wilayah Pantura. Sedangkan, yang hadir pada acara itu seluruh kepala MAN, MA swasta dan kepala SMA dan SMK se-Kabupaten Tuban beserta guru BK.

Kabag Akademik UIN Sunan Ampel Rijalul Faqih memaparkan, UIN Sunan Ampel dipercaya sebagai ketua umum penyelenggara ujian masuk PTKIN di seluruh Indonesia. 

“Tidak usah khawatir masalah biaya, karena saat ini peluang mendapatkan beasiswa sangat terbuka lebar,” ujar Rijalul Faqih.

Untuk itu, kepala sekolah dan para guru bimbingan konseling (BK) diimbau untuk memberikan motivasi pada anak didiknya agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Ia menambahkan, SPAN dan UM-PTKIN ini merupakan jalur seleksi bersama masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang telah diluncurkan oleh Kemenag Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada 1 Februari 2017 lalu.

"Program-program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan promosi PTKIN. Sehingga ini merupakan peluang besar bagi anak didik di bumi wali untuk mengikuti promosi tersebut," tandasnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kemenag Tuban, Ahmad Badrus Sholeh, mengatakan pihaknya menyambut hal ini.

"Diharapkan, kegiatan ini dapat membawa berkah dan manfaat bagi generasi-generasi penerus yang memiliki pengetahuan dan berakhlaqul karimah. Adanya info ini kami beraharap dapat diteruskan kepada siswa siswinya, kemudian pihak sekolah, membantu siswa-siswinya untuk mengikuti program itu," paparnya.

Terpisah, Ketua IKA-UINSA Korwil Pantura, Hamim Thoifur, S.Ag mengungkapkan, sosialisasi ini merupakan langkah taktis dan tepat sasaran yang dilakukan oleh UIN Sunan Ampel.

"Sebagai alumni, ini adalah panggilan untuk mensupport dan membantu UIN Sunan Ampel. Kami berharap, progam ini bisa diketahui oleh instansi-instansi terkait, khususnya sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Tuban," ujar Hamim. (wan/dur)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Maret 2019 10:54 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*HARI ini, 13 Maret 2019 ada agenda batas waktu Fraksi-fraksi di DPRD Provinsi Jawa Timur untuk memberikan pendapatnya kepada Pimpinan Dewan berkenaan dengan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pro...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...