Sosialisasi Pemberian Makanan Tambahan dan Program Jelita di Pamekasan Dihadiri Wagub

Sosialisasi Pemberian Makanan Tambahan dan Program Jelita di Pamekasan Dihadiri Wagub Wakil Gubernur Jawa Timur saat membuka sosialisasi Pemberian Makanan Tambahan dan Pencanangan Jawa Timur Eliminasi Kusta 2017 (JELITA) di Kabupaten Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, membuka sosialisasi Pemberian Makanan Tambahan dan Pencanangan Jawa Timur Eliminasi Kusta 2017 (JELITA) di Kabupaten , Rabu (15/03).

Dalam kesempatan itu, Saifullah Yusuf atau yang akrab dipanggil Gus Ipul bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jatim mengunjungi rumah Zainal (65), yang mantan survivor penyakit kusta yang kini telah sembuh di Jalan Trunojoyo gg VII Kecamatan Kota .

Gus Ipul yang mewakili Gubernur Jawa timur Soekarwo melihat secara langsung keadaan Zainal.

"Kami harap penderita kusta tidak dikucilkan. Karena kusta bukan penyakit turunan dan dapat disembuhkan," harap Gus Ipul saat berada di rumah Zainal.

Selain program Jelita, lanjut Gus Ipul, saat ini Pemprov Jatim juga tengah menggalakkan program perbaikan gizi terhadap ibu hamil, ibu menyusui dan balita melalui pemberian makanan tambahan.

"Saat ini upaya tersebut telah di kembangkan lebih luas dengan melakukan upaya perbaikan gizi melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) terhadap kelompok rawan kekurangan gizi tersebut," ujar Gus Ipul.

"Untuk ibu hamil dengan usia kehamilan kurang 3 bulan harus makan biscuit 2 keping setiap hari. Sedangkan usia kehamilan di atas 3 bulan makan 3 keping setiap hari. Untuk balita berumur 1 tahun dianjurkan makan 12 keping per hari, kalau anak sekolah dasar bisa diberikan 6 keping per hari. Tetapi kalau anak yang mengalami sakit kronis, seperti kusta dan TB bisa kita berikan 8 keping setiap hari," jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yang juga merupakan Ketua Panitia acara tersebut Dr. dr. Kohar Hari Santoso, Sp. An. KIC, KAP dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meminimalisir penyakit kusta dan perbaikan gizi bagi seluruh masyarakat Jawa TImur.

"Latar belakang kegiatan ini adalah bentuk pelaksanaan amanah kita untuk menjadikan masyarakat Jawa Timur yang lebih sejahtera, berkeadilan mandiri dan berakhlak," jelasnya.

Sementara Bupati Drs Achmad Syafii MSi berterima kasih kepada wakil Gubernur dan rombongan yang telah hadir dalam acara tersebut. (err/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO