Tagana Kota Mojokerto Siaga I Bakal Terjadinya Angin Kencang

Tagana Kota Mojokerto Siaga I Bakal Terjadinya Angin Kencang ilustrasi

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Mojokerto dalam posisi siaga I menyusul keluarnya radiogram Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Instansi yang membidangi pengamatan meteorologi dan kualitas cuaca ini menyampaikan adanya potensi angin kencang yang bakal melanda sejumlah wilayah di Jatim hingga Maret mendatang.

"Kita tengah siaga, karena bencana itu datangnya tidak bisa diprediksi. Termasuk potensi angin kencang sebagaimana disampaikan BMKG," kata Zainudin, koordinator Tagana Kota Mojokerto, Jumat (10/2).

Saat ini peran Tagana dalam penanganan bencana lebih fokus pada permasalahan yang timbul pada saat terjadi. Bentuknya berupa pendampingan korban hingga distribusi bantuan logistik ke lokasi bencana.

"Yang sering terjadi bencana banjir, meski banjir di Kota Mojokerto ini kebanyakan kiriman dari daerah sekitar," imbuhnya.

Dengan personil sebanyak 25 orang, jika terjadi bencana dengan skala besar, Tagana akan bergabung dengan Satlak bencana yang terdiri atas multi elemen. Sebagai kendali Satlak bencana, ada di Dinas Satpol PP melalui bidang Linmas.

"Satlak itu sebagai koordinatornya. Kalau terjadi bencana yang besar. Tagana akan bergabung dengan berbagai elemen lain." pungkas Zainudin.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO