Senin, 19 November 2018 13:16

Keindahan Taman Mangrove Banyuurip Ujungpangkah Bikin Wabup Gresik Kagum

Jumat, 03 Februari 2017 21:51 WIB
Keindahan Taman Mangrove Banyuurip Ujungpangkah Bikin Wabup Gresik Kagum
Wabup Moh. Qosim didampingi Camat Ujungpangkah Hari Syawaludin ketika mengunjungi taman mangrove, di Ujungpangkah. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Keberadaan taman mangrove di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik membuat banyak masyarakat kagum. Seperti halnya Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim. Dia juga mengagumi taman wisata mangrove yang ada di Desa Banyuurip Ujungpangkah tersebut.

Kekaguman Qosim ini disampaikan kepada seluruh PNS Pemkab Gresik saat apel pagi, Jum’at (3/2). “Kami berharap, para PNS dan masyarakat Gresik untuk berkunjung ke sana menikmati panorama taman Wisata Mangrove Banyuurip Ujungpangkah," katanya.

Qosim sendiri usai acara pertemuan dengan kelompok nelayan Kamis (2/1) kemarin, mengajak rombongan pejabat untuk melihat-lihat taman mangrove yang letaknya tak jauh dari tempat acara tersebut.

Dipandu oleh Kepala Desa Banyuurip Ihsanul Haris, Qosim beserta rombongan menyusuri jogging track berupa jembatan kayu berkeliling menikmati keindahan panorama pantai yang berbalut hutan mangrove.

“Saat ini sudah sangat bagus. Tanaman mangrovenya tumbuh lebat dan tampak indah. Tempat ini cocok untuk destinasi wisata baru bagi masyarakat, khususnya mereka yang suka menikmati wisata alam,” tuturnya.

Dijelaskan Qosim, keindahan taman mangrove tersebut patut dibanggakan, mengingat beberapa tahun lalu, Qosim mengajak beberapa pengusaha untuk ikut melaksanakan penanaman mangrove dibantu masyarakat setempat di wilayah itu.

“Kami sangat intensif untuk melaksanakan budidaya mangrove di wilayah sekitar pesisir pantai ini," terangnya.

Taman wisata mangrove Banyuurip Ujungpangkah akhir-akhir ini banyak dikunjungi wisatawan domestik. Letaknya sekitar 35 kilometer dari kota Surabaya atau sekitar 23 kilometer dari kota Gresik ke arah Utara. “Rata-rata setiap hari libur ada sekitar enam ratus pengunjung, dan pada hari raya Idul Fitri sebanyak 1.600 pengunjung yang datang berwisata ke sini," ujar Kades Ikhsan.

Sekilas tentang Taman Wisata Mangrove yaitu destinasi wisata yang menawarkan panorama pesisir laut yang berpadu dengan rimbunnya hutan Mangrove. Tempat ini dikembangkan pemerintah bersama masyarakat setempat.

Menurut pengakuan Ikhsan, pihaknya bersama masyarakat yang difasilitasi Pemkab Gresik memulai budidaya mangrove sejak 17 tahun lalu.

Setelah melihat prospek mangrove ini bagus, pihaknya membangun berbagai fasilitas. Hal ini dilakukan untuk menarik wisatawan agar datang berkunjung.

Beberapa fasilitas yang sudah dibangun yaitu jogging track dan gazebo yang dikelilingi rimbunan mangrove. “Di masa yang akan datang, akan menjadi kawasan wisata yang cukup luas. Beberapa wahana akan dibangun, pengadaan pantai pasir putih juga dalam tahap perencanaan. Kondisi saat ini masih tahap awal,” jelas Ikhsan.

Jogging track juga akan diperpanjang menjadi 600 meter masuk ke kawasan laut. Saat ini, jogging tracknya baru sekitar 250 meter. Gazebo yang didirikan juga baru sekitar 3 buah. “Perlahan akan ditambah dan ditambah lagi, ” terangnya.

Meningkatnya pengunjung, selain menjadi pendapatan bagi Pemerintah Desa Banyuurip, juga mendatangkan manfaat bagi masyarakat sekitar. Sebab, perekonomian warga sekitar juga perlahan bertambah. “Toko dan juga warung-warung yang ada tidak hanya dikunjungi nelayan. Tetapi juga para wisatawan yang mulai meramaikan kawasan wisata ini,” pungkasnya. (hud/rev)

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Senin, 19 November 2018 11:17 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...