Kasus Hamil Usia Dini di Tulakan Memprihatinkan

Kasus Hamil Usia Dini di Tulakan Memprihatinkan dr. Rini Endrawatuli

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Fenomena kehamilan yang melibatkan anak di bawah umur semakin memprihatinkan. Temuan di lapangan, pada minggu ketiga awal tahun 2017 ini saja sudah terdapat sembilan kasus hamil di usia dini. Itu pun hanya pada satu wilayah, yaitu Kecamatan Tulakan, Kabupaten , khususnya di Desa Bubakan.

Fenomena sosial itu diketahui saat korban memeriksakan kehamilannya di puskesmas setempat. Di Pustu, Desa Kalikuning saja, ada enam kasus yang belakangan mulai terkuak. Rata rata mereka berusia 17 tahun dan usia kehamilan antara 6-7 bulan.

"Enam kasus pada minggu kedua tersebar di antaranya empat dari Dusun Ngambar, satu Krajan dan satu di Dusun Kepel," Jelas dr. Rini Endrawatuli, Kepala UPT Puskesmas Bubakan Tulakan, Kamis (19/1).

"Meningkatnya kasus kehamilan dini merupakan kejadian yang memprihatinkan. Itulah pentingnya edukasi terkait resiko seks bebas perlu ditanamkan sejak dini. Juga pengawasan orang tua. Jalin komunikasi yang baik dengan anak, agar mereka mendapatkan teman ngobrol yang asik dalam rumah," tambah Rini yang juga aktivis lingkungan itu pada wartawan. (pct1/yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO