​Refleksi Pembangunan Berkeadilan dan Identitas Kawasan Surabaya Barat

​Refleksi Pembangunan Berkeadilan dan Identitas Kawasan Surabaya Barat Pembangunan di kawasan Surabaya Barat. foto: skyscrapercity

Oleh: Muhammad Bagus Balghi

KOTA Surabaya sebagai kota modern terbesar di Jawa Timur terus berkembang. Hal ini dapat dibuktikan dengan terus munculnya berbagai industri, perumahan, dan kawasan elite baru.

Berdasarkan Perda Nomor 5 Tahun 2012 tentang RTRW Jawa Timur 2011-2031, Kota Surabaya merupakan kawasan perkotaan yang diarahkan untuk berfungsi sebagai PKN di Provinsi Jawa Timur. Selain itu, Kota Surabaya juga akan dijadikan sebagai pusat pelayanan, perdagangan dan jasa, industri, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, transportasi dan prasarana wisata.

Berbicara mengenai pembangunan, menurut penulis, Pemkot Surabaya sudah melakukannya secara merata, meskipun hanya fokus membangun infrastruktur di pusat kota. Namun yang perlu digaris bawahi adalah pesatnya pembangunan di Surabaya Barat. Pasalnya pembangunan di wilayah ini ‘dikuasai’ oleh dua pengembang besar, yakni Ciputra Group dan PT Intiland Development Tbk. Di mana dua pengembang tersebut terus melakukan pembangunan besar-besaran mulai dari perumahan hingga pusat bisnis, dengan konsep ala Singapura. Bahkan taglinenya adalah ‘Singapore of Surabaya’.

Mengacu pada Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, kawasan Surabaya Barat masuk dalam area pengembangan pusat bisnis. Yakni, antara lain, mulai jalan Mayjend Soengkono, hingga HR Muhammad dan sekitarnya, serta jalan lingkar luar barat dan lingkar dalam barat. Pemerintah Kota Surabaya berencana menjadikan Surabaya Barat sebagai New Central Business District. Bahkan, Pemkot sudah merencanakan pengerjaan West Outer Ring Road (WORR) dan West Inner Ring Road (WIRR) yang nantinya menghubungkan Teluk Lamong dengan kawasan Surabaya Barat. Juga, untuk menghubungkan kawasan Surabaya Barat dengan Surabaya Selatan.

Diharapkan dari pembangunan WORR dan WIRR ini, akses menuju Surabaya Barat lebih mudah, sehingga dapat menarik investor. Sebab, saat ini beban jalan Mayjend Soengkono dan HR Muhammad sudah sangat berat. Di sana, dapat dipastikan macet parah saat jam-jam sibuk.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO