Menpora Janji Kawal Pengembalian Status Persebaya Surabaya oleh PSSI

Menpora Janji Kawal Pengembalian Status Persebaya Surabaya oleh PSSI Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Musyawarah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jombang di hotel Yusro, Sabtu (24/12). foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Pemuda dan Olahraga () RI, Imam Nahrowi, meminta PSSI (Pengurus Sepakbola Seluruh Indonesia) yang baru terbentuk dari hasil Kongres Luar Biasa November lalu mengembalikan status keanggotaan Surabaya.

“Kita sejak awal sudah minta posisinya harus dikembalikan. PSSI saat itu juga sudah menjanjikan akan ditindaklanjuti dan memasukkan itu (, Red) pada agenda kongres,” kata Imam Nahrawi, ditemui usai menghadiri pembukaan Musyawarah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jombang di hotel Yusro, Sabtu (24/12).

Hingga kini, status masih bukan anggota PSSI. berjanji akan terus mengawal tim kebanggan warga Surabaya itu hingga diakui PSSI dan bisa ikut kompetisi sepakbola nasional. “Itu akan terus kita kawal. Januari nanti, di Kongres (biasa) PSSI. Harus sampai tuntas,” tandas Imam.

Untuk diketahui, pada Kongres PSSI di Jakarta, 10 November lalu, pembahasan masalah batal dilaksanakan dan membuat urung diakui PSSI. Ketua Umum PSSI 2016-2020, Letnan Jenderal Edy Rahmayadi, berjanji akan menuntaskan permasalahan pada kongres di Bandung, 8 Januari 2017.

Sebelumnya, dalam rapat Komite Eksekutif PSSI (Exco) di Solo September lalu, status  Surabaya bersama sejumlah klub sudah dibahas. Dalam rapat tersebut, Exco memutuskan Surabaya diterima kembali sebagai anggota PSSI dan akan mulai berkompetisi di Divisi Utama. Namun, pengesahan harus ditetapkan di Kongres.

Permasalahan dimulai pada tahun 2011. tidak diakui pengurus PSSI era Nurdin Halid setelah mengikuti kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) pada 2011. Liga Primer Indonesia dibentuk sejumlah pihak sebagai ketidakpuasan mereka terhadap Liga Super Indonesia (LSI) yang dinilai amburadul.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO