Selasa, 29 September 2020 23:24

Ajukan Penangguhan Penahanan Husnul Khuluq, Gus Solah Jaminkan Diri

Rabu, 23 November 2016 16:13 WIB
Ajukan Penangguhan Penahanan Husnul Khuluq, Gus Solah Jaminkan Diri
Gus Solah dan sejumlah tokoh NU Gresik saat mendatangi Kejari Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pengasuh Ponpes (pondok pesantren) Tebuireng, Jombang, KH. Salahuddin Wahid (Gus Solah) mendatangi kantor Kejari Gresik, di jalan Permata Kecamatan Kebomas sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (23/11).

Didampingi M. Shofiyul Umam, SH selaku pengacara Husnul Khuluq, Ny Husnul Khuluq dan beberapa tokoh NU, kedatangan Gus Solah ini bertujuan untuk mengajukan penangguhan penahanan Dr. H. Husnul Khuluq MM, mantan Sekda Gresik dan mantan Ketua PCNU Gresik.

Husnul Khuluq sendiri ditahan atas dugaan korupsi dana Kasda (kas daerah) dari jasa retribusi TUKS (terminal untuk kepentingan sendiri) senilai Rp 1,3 miliar semasa menjabat sebagai Sekda Gresik tahun 2006.

Dalam kesempatan itu, Gus Solah lalu ditemui Kasie Intel Kejaksaan Negri Gresik, Lutchas Rahman, lantaran Kajari Gresik, I Made Suwarjana sedang ada Raker (rapat kerja) di luar kota.

"Jadi kedatangan saya ke sini (Kejari Gresik) untuk menegaskan surat saya yang telah kami kirim sebelumnya untuk penangguhan Pak Khuluq," kata Gus Sholah kepada BANGSAONLINE, Rabu (23/11).

Dalam permohonan penangguhan penahanan Khuluq itu, Gus Solah bersedia dijadikan jaminan. "Saya sendiri jaminannya," terang adik kandung mantan presiden KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.

Gur Solah mengatakan menyerahkan sepenuhnya pengajuan penangguhan penahanan Khuluq tersebut kepada pihak Kejaksaan. Dia tidak memberikan deadline hingga kapan permohonannya itu dikabulkan. "Tidak ada deadline," tegasnya.

Kuasa hukum Husnul Khuluq, M.Shofiyul Umam kepada BANGSAONLINE menyatakan, bahwa dalam pengajuan penangguhan penahanan Husnul Khuluq tersebut, selain Gus Solah, KH. Hasyim Muzadi yang saat ini menjabat Watimpres juga bersedia menjadi jaminan.

"Pak Hasyim selaku pengasuh Ponpes dan Watimpres juga menjamin dalam penangguhan Husnul Khuluq," kata Shofiyul Umam.

Karena itu, dengan adanya jaminan dari para kiai sepuh tersebut, pihak Kejaksaan mengabulkan pengajuan penahanan Khuluq. "Kami optimis pengajuan penangguhan penahanan tersebut dikabulkan," terangnya.

Sementara Kasie Intel Kejari Gresik, Lutchas Rahman membenarkan kedatangan Gus Solah ke Kejari Gresik tersebut. "Gus Solah mengaku datang ke Kejari Gresik pertama-tama untuk silaturahim," katanya usai menemui Gus Solah.

Menurut Lutchas, kedatangan pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang tersebut sebagai bentuk penegasan dan pembenaran bahwa beliau telah mengirim surat ke Kejari Gresik untuk pengajuan penangguhan penahanan Khuluq.

"Gus Solah sebagai penjamin karena sama-sama punya kedekatan dengan Khuluq karena sama-sama kiai," katanya.

Atas pengajuan penangguhan tahanan atau peralihan tahan Khuluq tersebut, Lutchas menjelaskan, pihaknya akan rapat dengan penuntut umum. "Nanti pertimbangannya seperti apa, akan kami rapatkan," jelasnya.

Menurut Lutchas, pengajuan penangguhan penahanan itu merupakan hak semua warga negara yang terkena kasus hukum dan ditahan. "Itu hak. Semua warga yang terkena kasus hukum berhak untuk itu," terangnya.

Ditanya soal Wantimpres, KH. Hasyim Muzadi yang juga mengirim surat jaminan untuk penangguhan penahanan Khuluq, Lutchas mengaku belum mengetahuinya. "Soal surat permohonan penangguhan dari KH. Hasyim Muzadi masih akan dicek terlebih dulu," pungkasnya.

Sekadar diketahui, tiga tersangka dugaan korupsi APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2006 dari retribusi jasa TUKS (Terminal Untuk Kepentingan Sendiri) PT. Smelting sebesar Rp 1,3 miliar ditahan di Lapas (lembaga pemasyarakatan) Banjarsari Cerme, Senin (14/11), petang.

Mereka adalah, mantan Sekda Gresik Husnul Khuluq, dan dua mantan petinggi di PT. Smelting, Dukut Imam Widodo dan Saeful Bachri. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...