Perda OPD Pemkab Gresik Disahkan, Bupati Diminta Ajak Dewan dalam Koordinasi Penataan SOTK Baru

Perda OPD Pemkab Gresik Disahkan, Bupati Diminta Ajak Dewan dalam Koordinasi Penataan SOTK Baru Suasana paripurna pembahasan SOTK baru Pemkab Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - akhirnya mengesahkan Perda (peraturan daerah) OPD (organisasi perangkat daerah), yang berisikan SOTK (struktur organisasi tata kerja) baru di lingkup .

Pengesahan itu dilakukan setelah 7 fraksi , yakni FPG, FPKB, FPPP, FGerindra, FPDIP, FPD dan FPAN menyampaikan pandangan akhir dan pengambilan keputusan dalam paripurna di gedung , Senin (31/10).

Wakil Ketua , Hj. Nur Saidah menyatakan, bahwa draft Perda OPD berisikan SOTK baru semuanya di-Acc Gubernur Jatim. "Cuma ada beberapa redaksi saja yang dirubah," katanya, Senin (31/10).

Menurut ia, sebelum Perda OPD disahkan 7 fraksi menyampaikan pandangan akhir masing-masing. Dari 7 fraksi itu, ada 4 fraksi yakni FPDIP, FGerindra, FPAN dan FPG merekomendasikan kepada Bupati Sambari agar dalam penataan SOTK baru mengajak DPRD koordinasi.

"Bahkan, FPDIP merekomendasi harus ada MoU (nota kesepahaman)," jelas politisi senior Gerindra asal Duduksampeyan ini.

"Hal ini menindaklanjuti adanya amanat UU (Undang-Undang) Nomor 23 tahun 2014, tentang Pemda (pemerintah daerah). Di sana antara Bupati dan DPRD memiliki kedudukan sejajar sebagai penyelanggara pemerintah," terangnya.

Langkah dewan meminta Bupati agar mengajak DPRD dalam mengambil kebijakan penataan SOTK baru itu juga dibenarkan oleh Bagian Hukum Pemrov Jatim saat DPRD lakukan konsultasi. "Cuma hal itu tidak boleh dimasukkan dalam pasal di Perda OPD," terangnya.

Nur Saidah pun mencontohkan, DPRD di beberapa kabupaten/kota di Jatim sudah menjalankannya. Bahkan, sekadar Bupati dalam pembuatan Perbup (peraturan bupati) saja mengajak koordinasi DPRD.

"Di Kabupaten Tulungagung saat kita studi banding ke sana dinyatakan kalau Bupati dan DPRD selalu koordinasi dalam mengambil kebijakan," ungkapnya.

Nur Saidah menambahkan, dirinya sudah sampaikan keinginan DPRD itu kepada Wabup, Moh. Qosim usai rapat paripurna. "Sudah saya sampaikan ke Pak Wabup," pungkasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO