Dukung Pembangunan Pabrik Semen Indonesia Dilanjutkan, Ratusan Warga Rembang Demo Pemprov

Dukung Pembangunan Pabrik Semen Indonesia Dilanjutkan, Ratusan Warga Rembang Demo Pemprov

REMBANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga Rembang, Jawa Tengah yang tergabung dalam Forum Rakyat Rembang Bersatu (FRRB) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat(14/10).

Mereka menggelar aksi menanggapi putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan Peninjauan Kembali (PK) bernomor register 99 PK/TUN/2016 yang diajukan salah seorang petani Rembang dan LSM Wahana Lingkungan Indonesia (Walhi), terkait izin lingkungan pembangunan pabrik di Rembang, Jawa Tengah.

Demo yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB itu diawali dengan aksi long-march (jalan kaki) dari Kawasan Videotron menuju ke depan pintu gerbang Kantor Halaman Pemprov Jateng.

Sambil berorasi, mereka membawa spanduk dan poster bertuliskan tuntutan warga yang mendukung tetap berdirinya pabrik semen PT. Semen Indonesia di Rembang, Jawa Tengah.

Beberapa poster dan spanduk itu berbunyi, "Pak Ganjar, Ojo Wedi Teruskan Izin Pabrik Semen, Pabrik Semen Lanjutkan, Ayo Lanjutkan!!! Demi Rembang !! Demi Indonesia 100% Indonesia, ijin Pabrik Lanjut !!!, Satu Kata Untuk Pabrik Semen Lanjutkan !!!, Anak Putu Kulo Butuh Pabrik Semen!!!" dan lainnya.

Koordinator Aksi FRRB, Abdul Wachid menyatakan, bahwa keputusan MA yang mengabulkan gugatan segelintir orang yang mengatasnamakan warga Rembang untuk mencabut izin pabrik semen telah melukai hati nurani dan rasa keadilan mereka.

“Keputusan MA yang mengabulkan gugatan segelintir orang yang mengatasnamakan warga Rembang untuk mencabut izin pabrik semen Indonesia di Rembang telah melukai nurani dan rasa keadilan kami. Kehadiran Pabrik Semen Indonesia di Rembang sesungguhnya sudah menjadi harapan baru kami untuk bisa maju dan berkembang,” teriak Wachid diamini peserta demo dalam orasinya.

Wachid mengungkapkan jika selama ini ribuan warga Rembang sudah bisa menikmati hasil nyata dari keberadaan pabrik semen Indonesia di daerahnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO