Menengok Aktivitas Pecinta Keris di Tuban, Kolektor Harus Berusaha Pahami Keinginan si Mpu

Menengok Aktivitas Pecinta Keris di Tuban, Kolektor Harus Berusaha Pahami Keinginan si Mpu M. Namtuchin (Abiyala) menunjukkan salah satu keris koleksinya. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Keris merupakan benda yang memiliki makna filosofi mendalam dan tidak lepas dari sejarah. Apalagi sejak adanya pengukuhan dari UNESCO, bahwa nusantara sebagai warisan milik bangsa.

Dari situ, kini telah dijadikan warisan kean yang tidak lepas dari sejarah panjang kejayaan kerajaan di Nusantara. Tak heran jika sampai saat ini, pusaka selalu diminati oleh para pecinta dan peminatnya. Sebab, selain memang hobi, mengoleksi merupakan bagian dari upaya melestarikan dan memelihara kelangsungan pusaka tersebut.

Untuk itu, kolektor dan pecinta harus berusaha memahami apa keinginan pembuat (Mpu) dan orang yang memesannya.

Seperti yang disampaikan oleh kolektor asal Senori Tuban, M. Namtuchin (Abiyala), yang sudah berkecimpung mendalami dan tosan aji 10 tahun belakangan ini. Ia menyampaikan, ada banyak jenis yang harus dipahami oleh pemesan maupun pecinta . Ia pun secara rinci menyebutkan kelengkapan sebuah yang ditandai dengan bentuk (dapur), pamor (motif), tangguh (zaman atau era), wrangka (sarung) dan bagian pegangan atau ukiran.

"Dari kelengkapan itu, baru bisa disebut dengan ," paparnya.

Kini, lanjut Abiyala yang juga salah satu anggota komunitas Paguyuban Pelestarian Tosan Aji Megalamat Tuban, pemasaran sudah semakin modern sejak adanya media online.

Abiyala sendiri mengungkapkan dirinya mengoleksi sekitar 50 jenis . Dari berbagai jenis bentuk yang ia miliki, ada yang menjadi andalannya yakni, jenis Senpaner berpamor pancuran emas zaman majapahit.

"Konon mitosnya, ( Senpaner-Red) memiliki tuah di bidang usaha lancar, dimudahkan dari segala urusan dan pangkat kedudukan. Saya juga pernah menjual jenis Dapur udan emas tiban era Majapahit Tuban (sepuh) untuk pemesan dari Negara Malaysia," pungkasnya. (tbn1/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO