Jangan Dijahit! Begini Cara Mengatasi Tenda Bocor Saat di Gunung

Jangan Dijahit! Begini Cara Mengatasi Tenda Bocor Saat di Gunung Foto: SULTHON NEAGARA/ BANGSAONLINE

BANGSAONLINE.com - Pada konten kali ini kita akan mengulas benda yang mungkin tidak ada hubungannya dengan peralatan outdoor, tapi mempunyai manfaat ketika kondisi darurat di gunung.

Seperti yang telah kita bahas pada konten sebelumnya, bahwa peralatan gunung sangat banyak dan tidak murah. Karena tidak murah, terkadang sebagian pendaki memilih untuk menyewa peralatan gunung, misalnya seperti tenda.

Tenda merupakan tempat beristirahat setelah seharian melalukan pendakian di gunung dan tempat untuk mengumpulkan tenaga sebelum melakukan summit keesokan harinya.

Peralatan penting pastinya juga akan kita simpan di dalam tenda, agar tidak hilang atau kehujanan selama kita tidur.

Dari sini kita mengetahui bahwa tenda mempunyai peran penting untuk keselamatan kita selama di gunung.

Namun, tenda yang kita sewa terkadang ada lubang atau mungkin kelalaian dari kita sendiri yang mengakibatkan tenda sobek atau berlubang. Hal ini akan menjadi darurat ketika hujan tiba.

Apa yang harus kita lakukan saat kondisi darurat seperti ini? Mari kita simak bersama apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan ketika tenda bocor.

1. Jangan Menjahit Tenda

Sebagian pendaki akan menjahit tenda yang sobek dengan menggunakan benang jahit. Hal ini kurang tepat, karena menjahit tenda akan menarik dua sisi yang sobek. Sedangkan tenda memiliki ukuran yang presisi antara kanan dan kiri.

Jika kita menjahitnya, ini akan mengakibatkan satu bagian tenda tertarik yang mengakibatkan berdirinya tenda tidak lurus. Selain itu, air tetap akan masuk melalui lubang bekas jarum.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO