40 Perahu Hias Meriahkan Festival Bengawan Solo Bojonegoro

40 Perahu Hias Meriahkan Festival Bengawan Solo Bojonegoro Perahu salah satu peserta Festival Bengawan Solo dihias dengan hewan sapi. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi (HJB) ke-339 mulai digelar Pemkab setempat. Minggu siang (25/9), pemkab menggelar Festival Bengawan Solo.

Sebanyak 40 peserta perahu hias mengikuti festival tersebut. Dimulai dari Jembatan Bendung Gerak, Desa Ngeringinrejo, Kecamatan Kalitidu, puluhan perahu diberangkatkan oleh Bupati , Suyoto.

Para peserta tampak kreatif. Mereka menghias perahunya dengan berbagai model, seperti sapi, kerbau, naga hingga padepokan Angling Dharma. Puluhan perahu tersebut menyusuri aliran sungai terpanjang di pulau jawa hingga finish di pinggir Kota , tepatnya di Taman Bengawan Solo (TBS).

Beragam hiasan perahu yang ditampilkan para peserta memukau para penonton. Sorak sorai dan tepuk mengiringi perjalanan perahu yang diberi mesin diesel tersebut. Tampak para penonton memadati kanan-kiri bantaran bengawan solo yang dilewati perahu.

Bupati Suyoto berharap Festival Bengawan ini bisa membangkitkan semengat bersama-sama dalam menjaga Sungai Bengawan Solo. “Bengawan Solo adalah ibu kita. Kita berharap bengawan solo bisa terjaga dengan baik,” katanya.

"Kegiatan ini kita gelar rutin setiap tahun, tepatnya saat peringatan Hari Jadi . Setelah ini masih ada kegiatan lainnya yang lebih spektakuler," tambah pria yang akrab disapa Kang Yoto itu.

Sementara Dinas Perhubungan dan BPBD setempat mengerahkan masing-masing 100 personil untuk melakukan pengamanan para peserta festival. Petugas Dishub dan BPBD juga mengenakan pelampung lengkap serta perahu karet. Itu untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO