Selasa, 22 Mei 2018 17:16

Meski Kemarau, Cuaca di Jatim Berpeluang Ada Hujan, Ini Prediksinya

Rabu, 14 September 2016 16:59 WIB
Meski Kemarau, Cuaca di Jatim Berpeluang Ada Hujan, Ini Prediksinya
ilustrasi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pada bulan September, Provinsi Jawa Timur memasuki musim kemarau. Namun, cuaca sebagian wilayah pada umumnya cerah berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Sementara angin bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan 05-45 km/jam, dan suhu udara berkisar 17-35 derajat celcius.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Juanda Surabaya, Marlin Tresnawati pada siaran persnya mengatakan, berdasarkan pantauan pada data citra satelit untuk wilayah Jatim daerah Madura dan Bawean (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep dan Bawean) cuaca umumnya cerah berawan hingga berawan berpeluang hujan ringan-sedang.

Sedangkan di wilayah Jatim daerah utara dan utara tengah (Tuban, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo dan Situbondo) cuaca umumnya cerah berawan hingga berpeluang hujan ringan. Wilayah Jatim daerah tengah (Magetan, Madiun, Ponorogo, Ngawi, Bojonegoro, Nganjuk, Kediri, Jombang, Mojokerto dan Bondowoso) cuaca umumnya cerah berawan hingga berpeluang hujan ringan-lebat.

Wilayah Jatim daerah selatan dan selatan tengah (Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi) cuaca umumnya cerah berawan hingga berpeluang hujan ringan- lebat.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya cuaca pada umumnya berawan hingga berpeluang hujan ringan namun tidak merata pada malam hari. Angin umumnya dari arah timur dengan kecepatan 05-45 km/jam dan suhu udara berkisar 23-34 derajat celcius.

Prakirawan BMKG Maritim Perak, M Arif Wiyono mengatakan, cuaca di perairan Jatim pada umumnya berawan, dengan arah angin dari timur-tenggara dengan kecepatan maksimum 20 knots (Laut Jawa) dan 25 knots (Selatan Jatim). Sementara tinggi gelombang di Laut Jawa pada kisaran 0,5-0,8 meter, dan di Samudra Hindia (Selatan Jatim) 1,5-2,5 meter. 

Kamis, 17 Mei 2018 15:54 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*AHAD pagi itu, 13 Mei 2018, saya bergumul dalam cengkerama keluarga usai menjalankan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Ar-Rahman, Western Regency, Surabaya, yang semalamnya (Sabtu, 12 Mei 2018) diresmikan. Sambil menikmati d...
Minggu, 20 Mei 2018 12:10 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraan (3).Minggu-...
Sabtu, 19 Mei 2018 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Senin, 14 Mei 2018 00:06 WIB
Pantai Kramat Banyuwangi yang mau dijadikan destinasi wisata.BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kelompok Nelayan Al Karomah bersama pemuda-pemudi Kertosari menggelar kegiatan bersih-bersih Pantai Kramat, Minggu (13/5). Kegiatan bersih-bersih pantai ...