Bupati Indartato: Pacitan Siap Mendunia dengan Objek Wisata yang Dimiliki

Bupati Indartato: Pacitan Siap Mendunia dengan Objek Wisata yang Dimiliki Bupati Indartato saat menyerahkan wayang kepada Ki Dalang Anom Suroto.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Serangkaian agenda dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71, ditutup dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, Jumat (26/8) malam. Gelaran tersebut menghadirkan duet dalang kondang, Ki Anom Suroto, serta Ki Bayu Aji, yang tak lain putra dari dalang kenamaan tersebut.

Puncak prosesi HUT Proklamasi itu terlaksana berkat kerja sama antara Dinas Pariwisata, Provinsi Jawa Timur dengan Disbudparpora, Pacitan. Selain menghadirkan dalang kenamaan, pelawak yang tak asing bagi masyarakat Jawa-Timur, yaitu H. Sakirun (Kirun), Gogon, Lusi, Jokluthuk serta Joklithik, juga turut serta menghangatkan suasana. Sontak saja, panggung hiburan yang digeber di Alun-Alun, Kota Pacitan itu banyak menyedot perhatian. Masyarakat dari berbagai penjuru, tumpah ruah menyaksikan acara tersebut.

Selain dihadiri beberapa pejabat teras di lingkup Pemkab Pacitan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa timur, H. Jarianto, yang mewakili Wagub Jatim, H.Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sangat berharap, dengan digelarnya wayang kulit akan menjadi sarana dalam melestarikan budaya leluhur.

"Jangan sampai diakui negara lain, karena dengan budaya tradisional akan bisa menjadi penarik pariwisata di Pacitan," ungkapnya.

Sementara itu pada kesempatan kemarin, juga diselingi pembagian trofi kepada pemenang festival rontek kemerdekaan, pemenang stand terbaik di event Pacitan expo yang diserahkan langsung oleh Bupati Pacitan, H.Indartato.

Menariknya lagi, pada malam itu juga dibuka dialog interaktif pariwisata yang disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun tv swasta nasional dengan mengambil tajuk "Pengembangan pariwisata Jawa- Timur, khususnya Pacitan yang terkenal dengan beragam objek wisata."

Guyub rukun itulah yang menjadi dasar masyarakat Pacitan untuk memajukan objek wisata di daerah ini. "Dan Pacitan, siap mendunia dengan objek-objek wisata yang dimiliki saat ini. Pemerintah daerah bekerjasama dengan masyarakat bahu- membahu mengembangkan wisata yang ada," tandas Indartato.

Lain itu, pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Wahyu Cakranigrat, sempat "membius" ribuan penonton yang menyaksikan hingga paripurna. (pct3/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO