Sambut MEA, SMK Karya Bhakti Gandeng PT Smelting Kerja Sama dalam Bidang Pendidikan

Sambut MEA, SMK Karya Bhakti Gandeng PT Smelting Kerja Sama dalam Bidang Pendidikan Siswa SMK Karya Bhakti saat mendapatkan pelatihan dari PT Smelting. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - SMK Karya Bhakti Gresik menjalin kerjasama dengan di bidang pendidikan. Kerjasama ini sebagai upaya menyiapkan lulusan SMK yang siap menyongsong pasar bebas MEA.

Kepala SMK Karya Bhakti Lina Surjawati mengatakan bahwa nota kesepahaman atau MoU dengan pihak telah diteken dan pelatihan tersebut sudah resmi dimulai.

Saat ini, lanjutnya, pelatihan yang diberikan di bidang industri meliputi berbagai cara pengolahan logam melalui pelatihan/workshop yang akan diberikan kepada siswa SMK Karya Bhakti satu bulan sekali selama satu semester.

“Alumnus SMK Karya Bhakti Gresik harus mampu mendominasi tenaga kerja terdidik. Melalui pendidikan di bidang industri, siswa kami nantinya bisa menjadi teknisi, salah satunya dalam bidang pengolahan logam. Kami menggandeng PT. Smelting sebagai salah satu perusahaan berskala internasional untuk itu,” jelas Lina.

Lina menyatakan, nantinya siswa yang lulus dalam pelatihan, akan mendapat sertifikat yang dapat membantu alumnus SMK Karya Bhakti dalam melamar pekerjaan. “Sertifikat pelatihan ini sangat membantu sekali dalam melamar pekerjaan. Untuk itu, diharapkan siswa mampu mengikuti pelatihan ini dengan baik,” terangnya.

Ditambahkan dia, dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan bisa meningkatkan kompetensi baik kelembagaan guru, maupun siswanya.

Selain itu, lulusan SMK Karya Bhakti mampu bersaing dengan lulusan SMK yang lain, terlebih menyongsong era pasar bebas MEA tahun 2016.

Kedepan, pihaknya akan terus meningkatkan kerja sama dengan . “Untuk tahun ini kerjasama kami dengan masih terkait pengolahan logam. Namun tidak menutup kemungkinan, yang menjadi terget kami di tahun mendatang adalah peningkatan kerja sama dengan memberikan pelatihan industri di bidang las,” pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO