Tafsir Al-Nahl 91: Bendera di Pantat Gubernur

Tafsir Al-Nahl 91: Bendera di Pantat Gubernur Ilustrasi sumpah jabatan. foto: forumkeadilan

Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie MAg. . .   

BANGSAONLINE.com - Wa-awfuu bi'ahdi allaahi idzaa 'aahadtum walaa tanqudhuu al-aymaana ba'da tawkiidihaa waqad ja'altumu allaaha 'alaykum kafiilan inna allaaha ya'lamu maa taf'aluuna.

"Wa awfu bi 'ahd Allah idza 'ahadtum..". Secara khusus, janji adalah pernyataan yang sudah pernah ucapkan seseorang sebagai janji yang akan ditunaikan. Jika tidak, maka tidak disebut janji. Secara umum, apa saja yang sudah menjadi ketentuan agama, itulah janji yang sudah pernah kita buat. Dengan memeluk islam, otomatis berjanji menunaikan syari'ahnya, baik perintah, larangan, anjuran atau imbauan.

Menolong sesama termasuk janji yang diamanatkan kepada setiap orang muslim. Jika ada kezaliman terjadi di hadapan kalian, maka atasilah dan seselaikan. Lebih dari itu, secara filosufis Nabi Muhammad SAW bersabda: "Unshur akhak, dhalima aw madhluma". Bantulah saudaramu, baik yang melakukan kezaliman maupun yang sedang dizalimi.

Para sahabat bingung dan bertanya: "Soal membantu orang yang dizalimi, kami mengerti. Tapi bagaimana kami membantu kawan yang sedang berbuat zalim, Ya Rasulallah?. Nabi mulia itu menjawab: ".. dengan mencegahnya. Pegang tangannya, tahan perbuatannya dan itulah cara menolongnya."

Janji, di sisi lain sama dengan utang yang mesti dibayar. Seorang mukmin adalah orang terpercaya, maka dia mesti menunaikan janjinya. Semua yang bersifat janji dan diikrarkan tetap dituntut menunaikan, hingga di hari kiamat nanti. Rasulullah SAW memberi ancaman: "Kelak di hari kiamat nanti, para penginkar janji akan dipasang bendera di pantatnya. Bendera tersebut mengiformasikan kadar janji yang dikhianati". Disinyalir, semua kepala daerah di negeri ini, dari bupati, gubernur bahkan presiden mengkhianati janji yang pernah ditebar saat kampanye. Waw, berapa banyak bendera yang mesti di pasang oleh malaikat di pantat para mereka nanti. Mudah-mudahan Tuhan memberi pangampunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO