Depot Wong Darjo Suguhkan Menu Khas Tambak, Lestarikan Kuliner Sidoarjo

Depot Wong Darjo Suguhkan Menu Khas Tambak, Lestarikan Kuliner Sidoarjo KHAS TAMBAK: HM Khulaim Junaidi menunjukkan menu masakan khas tambak, kare kepiting, di Depot Wong Darjo, di Perum Taman Tiara Kota Sidoarjo, Senin (1/8). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Selain kerupuk udang dan lontong kupang, Kabupaten Sidoarjo juga memiliki makanan khas berupa aneka masakan ala tambak.

Menu tambakan ini masih kerap disajikan kala kita berkunjung ke sejumlah desa yang dikenal sebagai kawasan tambak di Sidoarjo. Namun terkadang menu ini hanya disajikan saat momen tertentu, tidak setiap hari bisa dijumpai.

Padahal, menu masakan khas tambak Sidoarjo ini kerap dicari karena kelezatannya sehingga kerap membuat selera makan bertambah.

"Namun terkadang sulit menemukan masakan khas Tambak ini. Makanya saya berusaha menghadirkannya di Depot Wong Darjo untuk dinikmati setiap saat," cetus HM Khulaim Junaidi, pemilik Depot Wong Darjo, di Perum Taman Tiara F2, Kota Sidoarjo, Senin (1/8).

Khulaim berharap suguhan menu khas tambak ini bisa melestarikan kuliner khas Sidoarjo di tengah serbuan aneka makanan lainnya. Minimal menu masakan khas tambak ini bisa terus lestari di tempat asalnya, Kabupaten Sidoarjo dan tentu saja semakin dikenal di kancah nasional dan internasional.

Buka sejak pertengahan Ramadan lalu, beragam masakan khas tambak disuguhkan di Depot Wong Darjo. Mulai dari kare kepiting, semur ikan cukil, bandeng kuah kuning, pepes udang, soto sembilang hingga aneka botokan dan sambal goreng udang.

"Soal harganya, saya yakin cukup bersahabat jika dibandingkan kepuasan yang diperoleh setelah menyantap menu khas tambak ini," cetus Khulaim, yang juga anggota DPRD Sidoarjo ini.

Khulaim menyebut, untuk menyajikan menu masakan khas tambak Sidoarjo ini, dia memboyong juru masak yang juga warga Desa Banjar Kemuning Kecamatan Sedati, kampung halamannya. Sedangkan resep masakan, dia peroleh dari keluarga besarnya di Kecamatan Sedati.

Tak hanya menu masakan khas tambak, Khulaim juga berusaha menghadirkan suasana tambak di Depot Wong Darjo dengan memajang sejumlah alat pertambakan tradisional, misalnya seser (alat serok ikan, Red) hingga prayang (alat terbuat dari bambu untuk menangkap udang). Sejumlah peralatan tambak tradisional itu tampak menghiasi beberapa sudut Depot Wong Darjo. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO