Keripik Sayur lagi Tren untuk Isi Toples Lebaran

Keripik Sayur lagi Tren untuk Isi Toples Lebaran Pegawai sedang menggoreng keripik sayuran yang mengalami peningkatan pesanan untuk oleh-oleh Lebaran.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Mudik Lebaran mulai menggeliat sejak seminggu yang lalu. Seiring padatnya pemudik, penjual oleh-oleh khas Lebaran pun mulai panen raya. Omset mereka terus meningkat di saat Lebaran seperti ini. Oleh-oleh khas daerah tetap menjadi buruan para pemudik untuk oleh-oleh ketika pulang kampung atau kembali ke tempat kerja.

Seperti yang dialami perajin kripik tempe asal Trenggalek. Mulyono, salah satu perajin tempe ini menuturkan jika menjelang Lebaran, omset dia naik hingga 200 persen lebih. Hal itu pun dia sudah tidak berani memenuhi pesanan baru ketika menjelang Lebaran karena waktunya sudah sangat mepet dan tidak mungkin dikerjakan.

“Kita biasanya hanya memproduksi sekitar 3.000 lembar keripik tempe per hari, sekarang menjadi 7.500-10.000 lembar dengan harga jual Rp 550-Rp 650/lembar,” ujar Mulyono yang mengaku untuk saat ini hanya melayani pesanan saja.

Kondisi yang sama juga dialami beberapa perajin keripik tempe seperti di Malang, maupun Gresik. Mereka sudah mengantisipasi dengan menyiapkan stok yang banyak namun, untuk tahun ini pesanan memang jauh meningkat bila dibanding tahun lalu.

Lain di daerah Jawa Timur lain pula di daerah Jawa Tengah, tren yang sedang diburu saat ini ialah keripik sayuran. Keripik ini menjadi alternatif suguhan bagi keluarga maupun tamu selain kue-kue kering yang selama ini mendominasi.

Salah satu perajin keripik sayuran, Esti Widayati (47), mengakui jika permintaan keripik sayuran semakin meningkat dalam tiga tahun terakhir. Bahkan, peningkatan bisa mencapai 200 persen setiap menjelang hari raya Idul Fitri.

“Keripik sayuran makin diminati untuk isi toples saat Lebaran, kalau dulu kue-kue kering semua,” ujar Etik, panggilan akrabnya Esti Widayati.

Sumber: Kompas.com

Lihat juga video 'Jelang Lebaran, Pemkab Nganjuk Gelar Gerakan Pangan Murah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO