Minggu, 19 Mei 2019 16:39

SQ Berjubel bersama Warga, Ikuti Malem Selawe di Giri

Kamis, 30 Juni 2016 11:49 WIB
Editor: choirul
Wartawan: syuhud almanfaluti
SQ Berjubel bersama Warga, Ikuti Malem Selawe di Giri
Bupati - Wabup, Sambari-Qosim bersama pejabat Forkopimda saat ziarah di makam Sunan Giri saat malam selawe. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tradisi Malem Selawe atau malam ke-25 di bulan Ramadan merupakan salah satu kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Gresik. Tradisi tersebut telah berjalan turun temurun sejak masa dakwah Sunan Giri ratusan tahun silam.

Tradisi malem selawe kini dijadikan sebagai ajang peningkatan ketaqwaan melalui ziarah ke makam Sunan Giri yang letaknya di Desa Giri Kecamatan Kebomas.

Hal ini yang dilakukan oleh Bupati-Wabup Gresik, Sambari Halim Radianto - Moh. Qosim yang berziarah ke makam waliyullah Sunan Giri atau Raden Paku saat malem selawe, Rabu (29/6), malam. Juga ikut dalam kegiatan tersebut para pejabat Forkopimda.

Mereka dengan khusyu’ membacakan tahlil yang dipimpin oleh kiai setempat. Masyarakat dari dalam maupun luar Gresik juga turut tumplek blek di sana hingga area makam Sunan Giri penuh sesak.

Usai ziarah, Bupati-Wabup mengunjungi deretan stan yang berjejer di halaman parkir Sunan Giri sebagai puncak perayaan ‘Giri Expo 2016’ yang diadakan selama 3 hari.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Gresik yang selalu berupaya mempertahankan budaya kearifan lokal yang sampai saat ini tetap bertahan dan selalu ramai setiap tahunnya.

“Terima kasih masyarakat Gresik, karena telah mempertahankan tradisi malem selawe yang turun temurun hingga saat ini. Dan tradisi ini merupakan kearifan lokal yang harus dipertahankan dan dilestarikan, mengingat Gresik adalah kota wali dan kota santri,” katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk menciptakan suasana aman dan penuh kebersamaan, supaya situasi yang aman dapat tercipta sesuai dengan harapan seperti tahun sebelumnya.

Senada dikatakan Wabup. Dia menyerukan kepada masyarakat untuk selalu mengingat perjuangan waliyullah dimasa lampau. Menurut dia, semua tradisi yang diciptakan oleh pendahulu, merupakan tradisi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, mengingat saat ini sudah masuk era modernisasi yang menuntut seseorang untuk beradaptasi di dalamnya.

“Jangan lupakan tradisi-tradisi pendahulu kita, karena itu juga merupakan sarana dakwah yang sangat bermanfaat bagi kita semua,” ujar Wabup.

Pada kesempatan itu, Bupati-Wabup juga menyempatkan diri bersholawat bersama masyarakat yang diiringi oleh Grup Sholawat Al-Mujahiddin dan terlihat memberikan bingkisan untuk masyarakat yang beruntung melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh mereka berdua. (hud)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Jumat, 17 Mei 2019 00:26 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RAMADHAN memang penuh segalanya secara apik, termasuk berderet karunia dengan segenap undangan berbuka puasa secara bersama-sama. Ini sangat fenomenal bagi saya yang sejak semula berpuasa bukan untuk meminimalisir perbelanjaan...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...