SQ Berjubel bersama Warga, Ikuti Malem Selawe di Giri

SQ Berjubel bersama Warga, Ikuti Malem Selawe di Giri Bupati - Wabup, Sambari-Qosim bersama pejabat Forkopimda saat ziarah di makam Sunan Giri saat malam selawe. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tradisi Malem Selawe atau malam ke-25 di bulan Ramadan merupakan salah satu kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Gresik. Tradisi tersebut telah berjalan turun temurun sejak masa dakwah Sunan Giri ratusan tahun silam.

Tradisi malem selawe kini dijadikan sebagai ajang peningkatan ketaqwaan melalui ziarah ke makam Sunan Giri yang letaknya di Desa Giri Kecamatan Kebomas.

Hal ini yang dilakukan oleh Bupati-, Sambari Halim Radianto - Moh. Qosim yang berziarah ke makam waliyullah Sunan Giri atau Raden Paku saat malem selawe, Rabu (29/6), malam. Juga ikut dalam kegiatan tersebut para pejabat Forkopimda.

Mereka dengan khusyu’ membacakan tahlil yang dipimpin oleh kiai setempat. Masyarakat dari dalam maupun luar Gresik juga turut tumplek blek di sana hingga area makam Sunan Giri penuh sesak.

Usai ziarah, Bupati-Wabup mengunjungi deretan stan yang berjejer di halaman parkir Sunan Giri sebagai puncak perayaan ‘Giri Expo 2016’ yang diadakan selama 3 hari.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Gresik yang selalu berupaya mempertahankan budaya kearifan lokal yang sampai saat ini tetap bertahan dan selalu ramai setiap tahunnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO