Rabu, 01 April 2020 14:52

Lahan Tambak Garam Diserobot, Warga Trokem Pademawu Lapor Polres

Jumat, 27 Mei 2016 22:02 WIB
Lahan Tambak Garam Diserobot, Warga Trokem Pademawu Lapor Polres

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Penegakan hukum di negara ini masih lemah. Terbukti dengan adanya laporan kepada pihak berwajib, adanya penyerobotan lahan tambak garam di Dusun Trokem Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur.

Menurut H.Hanafi, lahan untuk tambak garam yang dia punya sudah ada sertifikatnya. Setiap tahun dirinya yang membayar pajaknya. Tetapi sampai saat ini lahan itu dikuasai oleh Sipah cs dengan alasan disuruh Perhutani.

"Lahan yang saya punya sudah bersertifikat dan tiap tahun bayar pajak," jelas Hanafi, sambil memperlihatkan sertifikat dan bukti bayar pajaknya. "Sayangnya, yang menikmati hasilnya itu orang lain," ujar H. Hanafi, Jumat (27/5).

Hal senada dirasakan H. Rahman dan 6 orang yang juga melaporkan adanya penyerobotan lahan garam yang berdekatan dengan milik H. Hanafi. Semuanya dikuasai oleh Sipah cs dengan alasan disuruh Perhutani.

Sebetulnya masalah ini sudah pernah dilaporkan beberapa kali, malah Sipah sudah pernah ditahan Polres. Bahkan pernah menandatangani perjanjian tidak akan melakukan penyerobotan lahan yang bukan miliknya.

Tetapi belakangan ini dia mulai menguasai lahan lagi. Malah semakin meningkat, menguasai lahan garam milik 7 orang lain, yang kemudian ikut juga melaporkan perilaku Sipah ke polres Pamekasan.

Demikian juga H. Ach. Zahri mengeluhkan lahannya yang digarap Sipah. "Sudah ada sertifikatnya dan kami patuh membayar pajak tetapi masih di kuasai orang," katanya.

"Saya tanah dapat dari membeli. Sudah dengan akte notaris dan ada sertifikatnya juga. Saya yang membayar pajak, tetapi negara tidak bisa memberikan jaminan kepada rakyat yang sudah memenuhi kewajibannya. Jadi kami harus meminta perlindungan siapa?" keluh H. Ach. Zahri.

Sedangkan Kasat Reskrim AKP Bambang Hermanto mengatakan, belum menerima laporan tentang kasus ini. "Tetapi kalau memang ada, akan kita tindak lanjuti," jelas Bambang. (err/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...