Tingkatkan Kualitas Pendidikan, 301 Sekolah di Sidoarjo akan Ikut Akreditasi

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, 301 Sekolah di Sidoarjo akan Ikut Akreditasi

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Mustain Baladan mengatakan dalam waktu dekat ini sebanyak 301 lembaga sekolah di Sidoarjo tingkat SD hingga SMA akan mengikuti akreditasi.

"Iya ini, bagi sekolah yang ikut akreditasi sedang mempersiapkan sekolah masing-masing," ujarnya saat dihubunggi bangsaonline.com, Selasa (3/5).

Tujuan akreditasi ini, ujar Mustain, untuk meningkatkan kualitas pendidikan. "Dari akreditasi itu, nanti para asesor akan menilai kualitas pendidikan sekolah yang mengajukan akreditasi itu," ungkapnya.

Sementara, Anggota Unit Pelaksana Akreditasi (UPA) Dispendik Sidoarjo M. Ghufron menyebutkan jumlah sekolah yang mengajukan dan siap untuk diakreditasi sebanyak 153 sekolah terdiri dari SD dan MI. Sementara untuk SMP dan MTs sebanyak 57 sekolah.

Untuk SMA dan MA sebanyak 30 sekolah. Sementara untuk sekolah SMK sebanyak 29 sekolah. "Dan ada juga dari SLB sebanyak 5 sekolah," sebut bawahan Kabid Dikmen Dispendik Sidoarjo, Tirto Adi itu.

Ghufron mengungkapkan pelaksanaan waktu akreditasi untuk sekolah mulai tingkat SD-SMA berbeda-beda. Sesuai jadwal, tingkat SMA mulai 9-24 mei 2016. Sedangkan, SD dan SMP serta SLB mulai tanggal 23 mei-4 juni 2016 mendatang.

Jadwal yang sudah ditentukan itu, nantinya tim asesor melakukan penilaian terhadap sekolah yang mengajukan akreditasi itu.

Ghufron mengungkapkan, dalam aturan akreditasi, sekolah yang belum pernah meluluskan siswa akan ditolak.

"Namun, bagi yang pernah meluluskan bisa mengajukan akreditasi. Sementara, bagi yang sudah akreditasi yang ingin menaikkan great (tingkat) maka jatuh tempo lima tahun sekali," pungkasnya. (nni/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO