Lamongan Patenkan Motif Batik Bandeng Lele

Lamongan Patenkan Motif Batik Bandeng Lele

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Munculnya varian motif batik yang memakai simbol bandeng dan lele di Lamongan membuat Pemkab Lamongan berniat untuk mematenkan motif bandeng lele tersebut. Hal itu disampaikan Bupati Lamongan Fadeli saat membuka Seminar Batik Lamongan Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asea) di Pendopo Lokatantra, Rabu (6/4).

Menurut Fadeli, motif khas bandeng lele sudah dilombakan sejak tahun 2012, dan terus memunculkan berbagai kreativitas yang unik. Dia berharap motif bandeng lele itu bisa menjadi identitas bagi kekhasan di Lamongan.

“Saya berharap motif bandeng lele ini agar dipatenkan. Sehingga benar-benar menjadi identitas dari Lamongan,“ katanya.

Selain seminar, di tempat yang sama juga diserahkan hadiah dan trofi pada para pemenang lomba desain motif batik Lamongan yang dilaksanakan sehari sebelumnya. Sedangkan juri lomba didatangkan dari Komunitas Batik Jawa Timur Lintu Tulis Tyantoro dan Dosen Seni Rupa Unesa Fera Ratyaningrum.

“Lomba seperti ini dapat memberikan motivasi kepada para pembatik di Lamongan. Hal tersebut terbukti dari meningkatnya jumlah pembatik di Lamongan. Sampai saat ini sudah mencapai 467 pengrajin batik, dan sebagian besar berada di Desa Sendang Dhuwur dan Sendang Agung di Paciran,“ Jelas Fadeli.

Sementara salah satu narasumber, Mahdi Ja’far dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta mengenalkan metode baru pembuatan batik dengan teknik batik screen. Teknik ini mirip dengan cetak sablon, namun menggunakan lilin cair dingin sebagai pasta print.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO