Soal UN Mulai Disortir, Petugas Kawal Ketat

Soal UN Mulai Disortir, Petugas Kawal Ketat Polisi memantau penyortiran soal UN. foto: nurqomar/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lamongan mulai melakukan penyortiran terhadap ribuan soal ujian nasional (UN) tingkat SMA, MA dan SMK yang akan digunakan peserta ujian pada 4 hingga 6 April 2016 mendatang.

Penyortiran soal UN ini dilakukan, guna memetakan dan pembagian soal untuk setiap Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di masing-masing kecamatan. "Per sampul 20 soal dan per kelas berisi 20 siswa," kata Sekretaris Disdik Lamongan Adi Suwito, Selasa (29/3).

Dijelaskan Adi, siswa yang mengikuti UN untuk tingkat SMA, MA, SMK dan SMALB akan di bagi dalam dua kategori, yakni ujian yang berbasis kertas dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Lebih lanjut, Ia menerangkan, untuk siswa yang akan menjalani ujian berbasis komputer, 1 komputer akan di gunakan satu siswa. "Minimal komputer di sekolah 1/3 dari siswa baru bisa melaksanakan berbasis komputer, sehingga Unas bisa tiga gelombang bergantian, dan tetap 1 komputer 1 anak, pelaksanaan sama dengan tahun kemarin," katanya.

Adi menambahkan, jumlah sekolah setingkat SMA yang menggelar ujian berbasis komputer tahun ini mengalami lonjakan yang signifikan.

"Dari tahun kemarin ada peningkatan, tahun kemarin hanya 2 SMA, 1 SMK, sekarang ada peningkatan lebih banyak, sekarang ada 24 lembaga," pungkasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO