Tangkis Desa Mojo Kediri Jebol, Koramil dan Warga Gotong-royong Perbaiki

Tangkis Desa Mojo Kediri Jebol, Koramil dan Warga Gotong-royong Perbaiki   Warga dan pasukan TNI membuat tanggul buatan dari karung yang disi pasir dan kerikil.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com -Tangkis yang membentang di sepanjang lahan pertanian di Desa Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, Kamis malam lalu jebol karena tak mampu membendung gerusan air yang terus menerus. Melihat kondisi yang mengancam lahan pertanian warga tersebut, Koramil 0809/06-Mojo, bersama masyakarat, khususnya kelompok tani Urip Tentrem, menutup tangkis yang jebol tersebut dengan karung yang berisi pasir dan kerikil. Tanggul tersebut diharapkan bisa mengurangi dampak buruk meluapnya air sungai.

"Kebetulan Koramil Kras mempunyai begitu banyak karung, sisa dari peninggian tangkis di Kras. Kita minta sisa-sisa karung tersebut untuk menutup tangkis ini agar tidak mengganggu tanaman yang ada di sini," jelas Danramil Mojo Kapten Inf Mujiono beberapa hari lalu.

Tangkis yang jebol tersebut diperkirakan sekitar 12 meter dan membutuhkan sedikitnya 120 karung yang berisi penuh pasir dan kerikil. Sedangkan lahan yang terkena dampak dari tangkis yang jebol tersebut, diperkirakan mencapai sekitar 4 hektar. Namun, jika dibiarkan terus menerus dan curah hujan tinggi, area sawah yang terancam genangan air akan semakin meluas.

"Untuk menghindari terjadinya tangkis yang jebol lagi, nantinya akan kita perkuat lagi tangkis-tangkis yang tanahnya berkurang akibat terkikis air. Sedangkan pengadaan karung, masih perlu kita pikirkan lebih lanjut,"ujar Kapten Inf Mujiono.

Warga pun menyambut antusias ajakan pasukan TNI tersebut. Merka sejak pagi sudah siap dengan berbagai perlatan yang diperlukan untuk menutup tanggul tersebut. Bahkan beberapa diantara mereka ada yang membawa makanan dan minuman untuk mereka yang melakukan kerja bhakti. (pen/ns)

Sumber: penrem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO