Pilgub Jatim 2018, Gus Ipul Didorong Maju Lewat Jalur Independen

Pilgub Jatim 2018, Gus Ipul Didorong Maju Lewat Jalur Independen Inilah stiker Gus Ipul-Anas yang disosialisasikan Ahmad Qodri lewat jalur independen.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Bendahara PWNU Jawa Timur Ahmad Qodri menyosialisasikan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur lewat jalur independen. Ia bahkan sudah menebar stiker Gus Ipul-Azwar Anas lewat WhatsApp (WA) Grup PWNU Jawa Timur. Stiker itu berbunyi: Siap Independen (Saifullah Yusuf-Abdulloh Azwar Anas) for Cagub Cawagub Jatim dengan foto Gus Ipul dan Azwar Anas. Tak pelak stiker itu kemudian menyebar di luar WA grup PWNU.

Ketika BANGSAONLINE mengonfirmasi apakah pencalonan Gus Ipul-Azwar Anas lewat jalur independen itu sudah dikomunikasikan dengan ketua PWNU Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil Alallah, Ahmad Qodri mengiyakan. “O, sudah. Tak ada yang menentang,” kata Ahmad Qodri yang juga ketua Pengurus Pusat Ikatan Sarjana NU (ISNU) dan wakil ketua koperasi MABADIKU Pusat.

Selama ini hubungan Gus Ipul-Mutawakkil memang lengket. Bahkan dalam acara pra-Muktamar NU ke-33, Mutawakkil di depan para kiai secara terang-terangan mendorong Gus Ipul agar maju sebagai calon gubernur Jawa Timur. Dorongan Mutawakkil itu disampaikan dalam acara Dialog Interaktif Pra Muktamar ke 33 NU, yang dihadiri Bos Trans Corps, Chairul Tanjung, yang digelar di Halaman Masjid Al Akbar Surabaya, Jumat malam (3/7/2015).

"Mari kita awali acara ini dengan bersama-sama mendoakan Gus Ipul yang akan menjadi calon gubernur di 2018 nanti. Ini adalah bulan Ramadan, bulan baik dikabulkannya doa," katanya mengawali sambutan di acara bertema: Membangun Kemandirian Ekonomi Rakyat itu.

Karena itu mudah dipahami jika Ahmad Qodri semakin gencar untuk mengampanyekan Gus Ipul sebagai cagub lewat jalur independen. Meski demikian Ahmad Qodri mengaku belum pernah berkomunikasi dengan Gus Ipul soal pencalonan lewat jalur independen itu. Begitu juga dengan Azwar Anas, ia mengaku belum pernah membicarakan pencalonannya itu. Hanya saja ia menjamin bahwa langkah yang dilakukan itu disetujui oleh Azwar Anas. “Kalau hati sudah nyambung. Kan kader,” katanya.

Langkah Qodri menyosialisasikan Gus Ipul-Azwar Anas lewat jalur independen memang tak lepas dari sulitnya wakil gubernur Jawa Timur itu mendapat kendaraan politik. Hingga saat ini semua partai belum ada yang mendukung Gus Ipul. Bahkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang semula terang-terangan mau mendukung Gus Ipul sebagai calon gubernur kini malah berbalik arah mencalonkan Abdul Halim Iskandar, kakak kandung Muhaimin Iskandar sebagai calon gubernur.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO