Jelang Pilgub Jatim 2018: Gus Ipul Tebar Pesona Lewat Kopi, Pengamat: Bisa Blunder

Jelang Pilgub Jatim 2018: Gus Ipul Tebar Pesona Lewat Kopi, Pengamat: Bisa Blunder Saifullah Yusuf saat membranding dirinya lewat kopi di food court Urip Sumoharjo, Surabaya, kemarin. foto: didi/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) semakin aktif tebar pesona. Contohnya kemarin, Gus Ipul mulai membagi-bagikan kopi sachet, gelas dan buku saku bergambar dirinya, di food court Jalan Urip Sumoharjo Surabaya. Tidak hanya membagikan souvenir, Gus Ipul juga berkeliling menyalami para pedagang, juru parkir dan semua pengunjung food court. “Matusnuwun Pak, Bu nggih, atas waktunya,” sapa dia.

Kendati demikian, Gus Ipul enggan berterus terang mengenai maksudnya itu. Dia berdalih, pembagian kopi dan gelas sekadar untuk mempromosikan kopi lokal Jawa Timur. Tujuannya, produksi kopi lokal Jatim bisa dikenal dan merakyat.

“Warga Jawa Timur ini kan suka sekali ngopi. Nah, saya ikut memromosikan agar kopi yang dikonsumsi adalah kopi kita sendiri,” katanya.

Disinggung mengenai foto dirinya yang tercetak pada bungkus kopi dan gelas, mantan menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) era Gus Dur ini hanya tertawa. “Nah, kalau itu saya numpang promosi,” jawabnya terkekeh.

Ini bukan kali pertama Gus Ipul membagikan kopi, gelas dan buku saku tersebut. Di beberapa kesempatan, dia juga melakukan hal sama. Berdasarkan informasi bagian Humas Pemprov Jatim, saat ini Gus Ipul memang rajin mendatangi kegiatan sosial kemasyarakatan. Beberapa di antaranya adalah pengajian umum, haul tokoh agama dan podok pesantren, seminar, serta kegiatan yang dihadiri massa banyak.

“Dalam satu hari Gus Ipul bisa hadir di tiga tempat berbeda. Padahal, kadang undangan itu di kota/kabupaten yang berbeda. Pokoknya acara yang banyak massanya pasti Gus Ipul datang,” ungkap salah seorang staf di lingkungan Pemprov Jatim.

Bahkan, acara yang sudah dihadiri oleh Gubernur Soekarwo pun, Gus Ipul juga sering ikut hadir. Ini sering terjadi pada kegiatan partai. Beberapa di antaranya adalah saat pengukuhan pengurus DPD Partai Hanura Jatim; Seminar restorasi ekonomi Partai NasDem dan beberapa agenda partai lain di luar PKB.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO