DPRD Gresik Minta SKPD segera Realisasikan Renja APBD 2016

DPRD Gresik Minta SKPD segera Realisasikan Renja APBD 2016 Nur Saidah, Wakil Ketua DPRD Gresik. Foto: syuhud almanfaluti/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Gresik meminta semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkup Pemkab Gresik segera merealisasikan Renja (rencana kerja) yang telah tertuang pada APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2016.

Langkah ini diambil agar masing-masing SKPD bisa menjalankan kegiatan/program tepat waktu, tepat sasaran dan tepat dalam penyerapan anggaran. "Kami ingin program/kegiatan yang telah dicanangkan pelaksanaannya tepat, sehingga bisa dinikmati masyarakat," kata Wakil Ketua , Nur Saidah.

Ditegaskan Nur Saidah, menginginkan SKPD di lingkup Pemkab Gresik tepat waktu, tepat sasaran dan tepat serapan keuangan dalam menjalankan program/kegiatan. Sebab, DPRD menginginkan masing-masing SKPD bisa tertib administrasi dan tepat waktu dalam merealisasikan Renja yang telah dibuat. "Kalau masing-masing SKPD bisa tertib dalam menjalankan program, maka capaian yang didapatkan bisa sesuai target," tuturnya.

Menurut Nur Saidah, kalau pada saat di awal-awal tahun, SKPD di Pemkab Gresik sudah menjalankan Renja yang telah tertuang dalam APBD tahun 2016, maka kegiatan-kegiatan yang akan dijalankan oleh masing-masing SKPD benar-benar bisa dijalankan sesuai dengan rencana kerja yang telah dituangkan dan dialokasikan anggaran dalam APBD. "Renja itu sangat penting untuk menentukan arah kegiatan/program, sehingga bisa diketahui kegiatan itu sudah tepat sasaran atau tidak," jelasnya.

Nur Saidah mengungkapkan, bahwa pernah iri dengan Pemkab Bantul dalam menjalankan kegaiatan. Sebab, kabupaten Bantul sangat tertib dalam menjalankan Renja. Makanya, sempat berguru ke sana. Hasilnya, kemudian diterapkan di Kabupaten Gresik. "Alhamdulillah, apa yang kita peroleh dari Pemkab Bantul kala itu bisa kami jadikan motivator kepada masing-masing SKPD di lingkup Pemkab Gresik agar tertib dalam jalankan kegiatan," katanya.

Lebih jauh Nur Saidah menjelaskan, sesuai dengan mekanismenya, setelah APBD tahun 2016 disahkan, kemudian diverifikasi Gubernur dan tidak ada persoalan, lalu APBD bisa dijalankan.

"Pertimbangan kami kenapa harus start lebih awal pelaksanaan kegaitan, karena kami tidak ingin keterlambatan perealisasian Renja akan berdampak negatif terhadap program-program yang telah dicanangkan. Terlebih, kegiatan/program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," terang politisi senior Gerindra asal Kecamatan Duduksampeyan ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO