Pemkab Situbondo Dibobol Maling, Pelaku Terekam Kamera CCTV

Pemkab Situbondo Dibobol Maling, Pelaku Terekam Kamera CCTV Pelaku terlihat dalam rekaman kamera CCTV saat keluar dari ruangan kabag kesra dan saat keluar di loby pemkab (kiri). Dan foto pelaku saat di Dinsos Situbondo. foto: hadi/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Aksi nekat maling di lingkungan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo di siang bolong terekam kamera CCTV Selasa (19/1). Sayangnya, meski kemanan CCTV sudah terpasang di pemkab, maling nekat itu berhasil membawa kabur sebuah laptop milik Kabag Kesra pemkab Situbondo, Kusaeri.

Dari rekaman CCTV pada pukul 11.22 WIB, terlihat pelaku masuk ke ruangan Kabag Kesra. Dalam rekaman pelaku terlihat empat kali keluar masuk ke ruangan kabag. Saat keluar keempat kalinya, pelaku keluar menggunakan tas ransel yang diduga berisi laptop milik kabag kesra. Kusairi baru menyadari laptopnya telah lenyap sekitar pukul 14.00 WIB.

Menyadari tas laptopnya sudah kosong, Kusairi meminta staf di ruang kerja Bupati untuk melihat rekaman CCTV. Dari rekaman itulah diketahui ada pria tak dikenal telah masuk ke ruang kerja Kusaeri.

Seorang staf bagian kesra, Rahmat Yulianto menuturkan, sebelum menggondol laptop Kabag Kesra, pelaku menghadap kepadanya meminta sumbangan uang dengan alasan kehabisan bekal untuk pulang ke rumahnya di luar Jawa. Akhirnya Rahmat menyarankan untuk menemui Endang, staf lainnya yang menangani orang terlantar di bagian kesra.

“Saya kemudian menyuruh yang bersangkutan menghadap Ibu Endang, saat itu pelaku mengaku sudah ke Dinas Sosial (Dinsos, red) dan disuruh ke Bagian Kesra, selanjutnya saya tidak tahu kalau itu ternyata pencuri. Saya tahunya sudah ramai itu, setelah dicek di CCTV ternyata pelakunya ya yang meminta sumbangan itu,” tutur Rahmat, Rabu (20/1).

Dari informasi Rahmat itulah, Dinas sosial kemudian memberikan foto pelaku yang terekam CCTV di Pemkab beserta identitasnya yang diketahui bernama Yoga Saputra asal Desa Tanah Abang Batulicin Kalimantan Selatan. Namun, belum bisa dipastikan kebenaran data dan identitas yang diberikan pelaku saat di Dinsos.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Situbondo, Ipda Nanang Priambodo membenarkan adanya laporan pencurian laptop yang menimpa Kabag Kesra Pemkab Situbondo di kantornya. Pihak kepolisian juga sudah meminta rekaman CCTV dan keterangan sejumlah saksi.

“Kami sudah menerima laporannya dan langsung kami lakukan pemeriksaan sejumlah saksi, yang jelas pelaku ini sudah kabur, dan akan kami lakukan pengejaran,” terang Ipda Nanag, Rabu (20/1). (had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO