PAD Peningkat, ADD di Sumenep ikut Naik

PAD Peningkat, ADD di Sumenep ikut Naik

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Untuk tahun 2016 ini, total keseluruhan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Sumenep sebesar Rp Rp 123.956.142.398, atau naik sekitar Rp 8 miliar bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 115 miliar. Hal itu dipengaruhi oleh adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Bagian Pemerintah Desa (Kabag Pemdes) Setkab Sumenep, Ali Dafir, memaparkan bahwa jika pendapatan daerah bagus, otomatis berpengaruh pada kenaikan nominal ADD yang akan dikucurkan pada 332 desa itu.

“Untuk semua desa, rata-rata memang naik,” paparnya, Selasa (12/1).

Menurut Dafir, besaran ADD yang akan diterima tiap desa dipastikan akan disesuaikan dengan luas desa, jumlah penduduk, angka kemiskinan, dan kondisi geografis yang menjadi perbedaan masing-masing desa. Dengan demikian, nominal ADD yang akan diterima masing-masing desa tidak sama.

Selain itu, besaran nominal ADD juga tidak dipengaruhi realisasi pada tahun sebelumnya. Terlebih realisasi ADD di semua desa rata-rata diyakini sudah maksimal yang hal itu sangat dipengaruhi oleh monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah terhadap pelaksanaan program yang dicanangkan.

“Tapi evaluasi terhadap realisasi ADD tahun lalu bukan wewenang bagian Pemdes, melainkan BPMP-KB (Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana, red),” jelas Dafir.

Meski ADD dipastikan ada peningkatan, Dafir memastikan bahwa perangkat desa tidak perlu lagi memerlukan pembekalan. Sebab, selama ini pembekalan itu sudah sering dilakukan untuk perangkat desa.

“Barangkali hanya satu pembinaan untuk bendara desa terkait pengelolaan keuangan desa,” pungkas mantan Camat Batuan itu. (smn2/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO