BBM Turun, Organda Enggan Turunkan Tarif, Pengamat: Harusnya Bisa Lebih Murah

BBM Turun, Organda Enggan Turunkan Tarif, Pengamat: Harusnya Bisa Lebih Murah Petugas SPBU mengisi BBM di sepeda motor konsumen. Mulai Januari mendatang harga BBM jenis premium dan solar turun.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Organda Adrianto Djokosoetono mengatakan, tarif angkutan umum tidak bisa diturunkan meski pemerintah telah memastikan penurunan harga mulai 5 Januari 2016. Besaran penurunan harga teralu kecil sehingga belum bisa menutupi biaya operasional.

"Tarif angkutan umum tetap normal dan sesuai batas tarif yang sesuai aturan," kata Adrianto dilansir dari republika, Minggu (27/12).

Adrianto menjelaskan, para pengusaha angkutan umum sangat tertekan dengan membangkaknya biaya perawatan dan operasional akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sepanjang tahun ini. Harga dolar yang semakin mahal membuat harga spare part kendaraan ikut melambung.

Sehingga, lanjut dia, harga jenis premium yang turun Rp 150 per liter dan solar turun Rp 750 per liter, tidak cukup menutupi kenaikan biaya perawatan dan operasional.

"Dengan kondisi saat ini, penurunan idealnya lebih dari 20 persen baru bisa terasa manfaatnya," kata dia.

Pemerintah memang sudah mengumumkan adanya penurunan harga bahan bakar minyak (). Premium RON 88 menjadi Rp 7.150 per liter dan solar menjadi Rp 5.950 per liter.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO