Peringatan Hari Jadi Sampang ke-392, Bupati dan Wabup Ziarah ke-5 Makam Leluhur Naik Dokar

Peringatan Hari Jadi Sampang ke-392, Bupati dan Wabup Ziarah ke-5 Makam Leluhur Naik Dokar Bupati Sampang KH. Fannan Hasib saat ziarah ke leluhur Makam Ratoh Ebuh Polagan. foto: bahri/ BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Sebagai rangkaian peringatan hari jadi Sampang ke-392 yang jatuh pada Selasa (22/12) lalu, Bupati dan Wakil Bupati Sampang melaksanakan ziarah ke 5 makam leluhur bersama Forkopimda dan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sampang.

Peringatan Hari Jadi Sampang tahun 2015 ini agak sedikit berbeda dengan kegiatan tahun–tahunsebelumnya. Kalau sebelumnya dari Pendopo rombongan Bupati naik mobil dinas, kali ini rombongan naik dokar (andong) untuk berangkat ke makam leluhur.

Lokasi pertama yang diziarahi rombongan Bupati dan Wabub yaitu Makam Raden Qabol di Jl. Aji Gunung, Kelurahan Gunung Sekar. Kemudian dilanjutkan ke Pababaran Pangeran Trunojoyo di Jl. Pahlawan dan Asta RPH Moh Noer Mantan Gubernur Jawa Timur. Selanjutnya ke asta Pangeran Santo Merto dan diakhiri di asta Rato Ebu di Kelurahan Polagan, Kota Sampang.

Di lima tempat keramat itu, Bupati dan Wabup serta para undangan tampak sangat khusyuk membaca tahlil dan tahmid untuk mendoakan mereka yang telah berjasa membangun Kabupaten Sampang.

Usai berdoa, Bupati Sampang KH. A Fannan Hasib mengatakan bahwa kegiatan Hari Jadi Sampang merupakan agenda tahunan sebagai bentuk penghormatan kepada sesepuh Sampang. Sebab, jasa mereka sangat besar terhadap kota bahari, terutama masalah perkembangan agama islam di Sampang.

“Tujuan kita ziarah ke makam leluhur sebagai bentuk penghormatan atas jasa–jasa mereka yang telah berjuang untuk Sampang. Kita sebagai generasi penerus wajib menghormati. Apalagi mereka telah menanamkan ajaran agama islam di Sampang,” katanya.

Lanjut Bupati, banyak hal yang bisa dipelajari dari sejarah pejuang Sampang. “Oleh karena itu, Sampang selain dikenal sebagai daerah agamis, juga memiliki peninggalan zejarah yang bisa dikembangkan sebagai wisata religi yang mampu menyedot pesiarah dari luar dalam maupun dari luar daerah,” terangnya.

Selain ziarah, beberapa kegiatan rangkaian peringatan hari jadi Sampang ke 392 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Sampang, yaitu karnaval pawai budaya, Pesta Rakyat, Festival Rujak Cingur dan kegiatan lomba–lomba bernuansa Madura. (hri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO