DKP Kota Kediri Latih Kader Bank Sampah

DKP Kota Kediri Latih Kader Bank Sampah Para kader bank sampah saat praktik pengolahan sampah untuk dijadikan kompos. Foto: arif kurniawan/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSONLINE.com - Mewujudkan target pengurangan sampah di Kota Kediri sebesar 20 persen, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri, Jawa Timur melatih puluhan kader bank sampah.

Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Kediri Endang Kartikasari mengatakan, bimbingan teknis ini dilakukan agar para kader bank sampah benar-benar memahami dan mengelola sampah organik dan An organik dirumahnya masing-masing. “Pelatihan ini kami lakukan agar para kader benar-benar bisa mengolah sampah sendiri,” ujar dia, Senin ( 23/11).

Dalam Bimtek yang dilaksanakan selama 6 hari ini, para kader bank sampah akan diberi beberapa pembekalan. Yakni, mulai dari mengumpulkan sampah, sampai pengolahannya. “Kader-kader bank sampah ini kami kumpulkan untuk diberi pelatihan mengenai daur ulang dan pengomposan. Contohnya, kalau sampah anorganik bisa dibuat kerajinan tangan pembuatan tas dari limbah plastik. Sedangkan, organik bisa dibuat pupuk, ” terang dia.

Dalam pelatihan Bimtek ini, kata Endang, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok ada 60 orang. Kemudian para peserta diberi dua materi dalam waktu yang berbeda. “Untuk hari pertama ini tadi pelatihan tentang daur ulang dan hari kedua besok tentang pengkomposan,” jelas dia.

Dalam pelatihan ini, kata Endang diprioritaskan bagi anggota yang belum sama sekali mengikuti pelatihan. Masih kata Endang, tiap hari ada kurang lebih 7 kontainer mengangkut sampah dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Padahal, baik sampah organik maupun anorganik itu bisa dimanfaatkan mejadi berkah dan melimpah.

“Makanya kita adakan pelatihan Bimtek, dengan harapan bisa mengelola sampah dengan baik sehingga bisa mendatangkan berkah,” pungkas dia. (rif/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO