Hujan Mulai Turun, Dewan Minta Pemkab Sidoarjo Antisipasi Banjir

 Hujan Mulai Turun, Dewan Minta Pemkab Sidoarjo Antisipasi Banjir M Nizar, Anggota Komisi C DPRD Sidoarjo. foto: musta'in/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kalangan DPRD Sidoarjo meminta Pemkab setempat untuk mengantisipasi terjadinya banjir menjelang musim hujan. Dewan meminta agar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait bersinergi mengatasi banjir di Kota Delta tersebut.

Anggota Komisi CDPRD Sidoarjo Muhammad Nizar SH minta, SKPD terkait harus melakukan tindakan nyata menjelang musim hujan guna mengantisipasi banjir. "Perlu langkah nyata antisipasi banjir dan dilakukan jelang musim hujan nanti," cetus dia kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (10/11/2015).

Nizar mencontohkan, Dinas PU Pengairan misalnya perlu mengecek kondisi pompa-pompa air yang ada di sejumlah rumah pompa air di Sidoarjo. Upaya itu untuk memastikan kondisi pompa air sehingga bisa difungsikan kala musim hujan tiba.

"Pompa air harus dipastikan bisa nyala jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk menyedot genangan air hujan," jlentreh politisi Partai Golkar ini.

Dia juga meminta, Dinas Pengairan sejak awal mendata titik-titik langganan banjir sehingga kala musim hujan segera bisa diatasi. Nizar juga meminta Dinas PU Bina Marga mengecek kondisi drainase jalan sehingga tidak terjadi genangan air yang berpotensi merusak jalan.

Politisi yang berlatar belakang pegiat LSM antikorupsi ini menegaskan, dia tidak ingin SKPD terkait gagap menangani banjir karena tidak melakukan tindakan antisipatif.

"Kalau ada tindakan terencana dan terpadu, saya yakin kejadian banjir tidak ada di Sidoarjo," tandas politisi alumni Unair Surabaya ini. (sta/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO