Kurangi Pengangguran, Dinsosnaker Tuban Maksimalkan Pelatihan Kerja dan Job Fair

Kurangi Pengangguran, Dinsosnaker Tuban Maksimalkan Pelatihan Kerja dan Job Fair Ilustrasi: pelatihan kerja.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pengangguran merupakan salah satu masalah yang kini menjadi kendala dari setiap wilayah di Indonesia, terutama di Kabupaten Tuban. Namun, untuk mengurangi angka pengangguran itu, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kabupaten Tuban telah melakukan berbagai upaya. Salah satunya memberi pelatihan kerja kepada masyarakat.

Berdasarkan statistik pada 2014 lalu, jumlah angkatan kerja mencapai 569.185. Sedangkan, dari data tersebut yang sudah bekerja sebanyak 248.540. Di sisi lain jumlah pencari kerja sejak Januari sampai September 2015 ini sudah mencapai 4.734, dengan jumlah lowongan sebanyak 2.637 pada bulan yang sama. Sehingga, dengan faktor tersebut Dinsosnaker mulai memutar otak guna mengurangi angka pengagguran di Tuban.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinsosnaker Tuban, Harsono mengatakan, kini Dinsosnaker sedang melakukan berbagai program untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Tuban. Di antaranya, yakni melalui pemberian pelatihan kerja kepada masyarakat. Selain itu, untuk memfasilitasi penduduk Tuban yang belum bekerja, Dinsosnaker juga menggelar job fair. Dua kegiatan tersebut dibiayai oleh APBD.

“Selain lowongan pekerjaan yang belum memenuhi kebutuhan, minat untuk bekerja sesuai dengan kebutuhan juga menjadi pertimbangan. Banyak dari pelamar mengharapkan pekerjaan yang nyaman dan gaji besar. Mengingat hal itu, kami telah berkonsentrasi melalui pelatihan kerja, guna memotivasi masyarakat akan etos kerja yang baik,” bebernya.

Harsono menambahkan, Dinsosnaker turut memberikan apresiasi kepada sejumlah LPK yang turut aktif dalam menyalurkan tenaga kerja sehingga mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Kabupaten Tuban. Salah satu contohnya yakni keberadaan lembaga “Sukma Medika”. Di mana sampai saat ini lembaga tersebut telah konsisten menempatkan tenaga kerja di beberapa rumah sakit dan klinik di Jabodetabek.

“Dinsosnaker Tuban sudah melakukan beberapa langkah agar jumlah pengangguran di Kabupaten Tuban terus menurun, dan dua program tersebut telah menjadi prioritas kami untuk mendukung program kami sebelumnya,” tutupnya. (tbn1/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO