Rabu, 30 September 2020 00:32

Ada 'Air Terjun Niagara Kecil' di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro saat Kemarau

Rabu, 26 Agustus 2015 14:50 WIB
Ada
INDAH. Tampak dasar Sungai Bengawan Solo di Desa Payaman, Kecamatan Ngraho, Bojonegoro saat musim kemarau. Foto: Eky Nurhadi/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Musim kemarau yang terjadi di Bojonegoro membuat ratusan embung, anak sungai dan khususnya Sungai Bengawan Solo yang melintas di wilayah kota Ledre airnya mengering. Sungai terpanjang di pulau Jawa itu memang masih masih mengalir dari wilayah hulu, namun volumenya hanya sekala kecil.

Tinggal sedikitnya air Sungai Bengawan Solo itu ternyata menyimpan sebuah pemandangan yang eksotik nan menakjubkan. Sebab cekungan-cekungan di dasar sungai menjadi terlihat layaknya air terjun Niagara yang berada di Amerika.

Pemandangan seperti itu dapat ditemui di Desa Payaman, Kecamatan Ngraho, Bojonegoro. Di dasar bengawan terdapat grojokan air bening atau warga sekitar menyebutnya air sungai kraca'an. Air jernih yang mengalir terjun bebas di antara bebatuan tanpa hambatan. Ikan - ikan kecilpun banyak yang melompat, menari melawan arus.

Pemandangan seperti ini hanya bisa didapati saat musim kemarau saja. Pasalnya, volume air Sungai Bengawan Solo yang kecil membuat niagara ala Bojonegoro ini bisa terlihat dengan jelas. Bebatuan kuning dan dedauan berwarna hijau di atas tanggul menambah eksotis lokasi ini.

Tak pelak, lokasi ini setiap hari banyak dikunjungi masyarakat Bojonegoro dan luar Bojonegoro untuk sekedar melihat keindahan dan kesejukannya. Selain itu, banyak masyarakat sekitar yang memanfaatkan banyaknya ikan dengan memancing.

Untuk menuju ke lokasi kraca'an ini juga cukup mudah. Jika dari arah Kecamatan Padangan, anda harus berbelok menuju jalan ke Kabupaten Ngawi. Jika sudah sampai di perempatan Desa Tinggang, kemudian menuju ke arah barat atau menuju ke Desa Payama. Jika sudah di desa Payaman anda bisa bertanya kepada warga sekitar, di mana lokasi air kraca'an. Anda akan langsung di arahkan menuju surga kecil yang cantik ini.

Daerah kraca'an merupakan perbatasan yang memotong wilayah Bojonegoro dengan Kabupaten Blora Jawa Tengah. Aliran air sungai kraca'an ini memisahkan Desa Payaman dengan Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Blora, Jawa Tengah.

"Air sungai yang surut membuat palung di tengah sungai ini muncul dan membentuk aliran air layaknya air terjun Niagara," ujar salah satu warga sekitar, Muhadi, pada BANGSAONLINE.com.

Sementara itu, Arika Hutama salah satu pengunjung saat ditemui di lokasi mengaku, dia jauh-jauh dari Desa Kauman, Kota/Kabupaten Bojonegoro hanya untuk melihat indahnya sungai Payaman. "Saya mendengar kabar dari teman, karena saya penasaran akhirnya saya datangi. Ternyata tempatnya indah sekali," katanya.

Pantauan BANGSAONLINE.com, tempat itu akan ramai dikunjungi wisatawan pada pagi dan sore hari. Sebab, jika siang hari terik matahari sangat menyengat. "Kalau Sabtu dan Minggu tambah ramai waluapun siang hari juga masih ramai," kata Yuli, warga sekitar.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...